Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Rukyatul Hilal 1 Ramadan 1444 H, Masjid Hasyim Asy'ari Siapkan 2 Teleskop Equatorial

Rukyatul hilal di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat menggunakan dua buah teleskop equatorial.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Rukyatul Hilal 1 Ramadan 1444 H, Masjid Hasyim Asy'ari Siapkan 2 Teleskop Equatorial
Ibriza
Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta Abdul Kholik Soleh mengatakan, pihaknya menyediakan dua buah teleskop equatorial untuk rukyatul hilal di Masjid Raya Hasyim Asy'ari Jakarta Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rukyatul hilal di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat menggunakan dua buah teleskop equatorial.

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta Abdul Kholik Soleh mengatakan, pihaknya menyediakan dua buah teleskop equatorial untuk rukyatul hilal di Masjid Raya Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

"Hari ini kami sudah persiapkan 2 teleskop," kata Abdul Kholik, saat ditemui, Rabu (22/3/2023).

Abdul menjelaskan, satu di antara teleskop tersebut menggunakan kamera DSLR dan disambungkan ke layar laptop.

Hal itu, menurutnya, dimaksudkan untuk para jamaah yang ingin menyaksikan rukyatul hilal agar tak perlu mendekat ke teleskop.

"1 teleskop menggunakan kamera, sehingga mata tidak usah ditempelkan di titik lensa. Langsung tersambung ke kamera. Dan dari kamera itu langsung disambungkan ke laptop dan ada di layar," jelasnya.

"Sehingga para jamaah yang ingin menyaksikan rukyatul hilal tidak usah mendekat ke teleskop. Cukup melihat dari layar," sambung Abdul.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, ia menjelaskan, proses rukyatul hilal akan dimulai pukul 17.30 WIB sore.

"Diawali dari jam 17.30 WIB itu dalam keadaan siap. Nah terlihat atau tidaknya hilal itu ketika matahari tenggelam, di situlah hilal akan muncul. Pas waktu Magrib hilal akan muncul," katanya.

Sebelumnya, Masjid Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat akan melakukan pemantauan atau rukyatul hilal terkait penetapan tanggal 1 Ramadan 1444 H hari ini, pada Rabu (22/3/2023) sekira pukul 17.30 WIB sore nanti.

Sekretaris Pengurus DKM Masjid Hasyim Asy'ari KH Humaidi mengatakan, persiapan akan dilakukan pihaknya, yakni pemasangan alat untuk rukyatul hilal setelah waktu Asar.

Adapun KH Humaidi menjelaskan, pihak Masjid Hasyim Asy'ari juga menggelar pelatihan hisab dan rukyatul hilal, yang diikuti oleh para santri sebagai pesertanya.

 "Perkiraan pemantauan mulai 17.30 menjelang Maghrib," kata KH Humaidi, saat ditemui, Rabu ini.

"Persiapannya sementara ini, saat ini sedang melakukan pelatihan hisab dan rukyatul hilal sampai Asar nanti. Setelah Asar nanti kita persiapan untuk alat," sambungnya.

Para peserta rukyatul hilal yang berjumlah 75 orang, tengah dijelaskan soal teori pemantauan hilal. Sedangkan, untuk praktiknya bersamaan dengan rukyatul hilal sore nanti.

Baca juga: Ketua Umum PP Muhammadiyah: Ramadan Momentum Perkuat Persatuan dan Persaudaraan

Sementara itu, KH Humaidi menerangkan, sebelumnya rukyatul hilal akan digelar di Rusunawa Pesakih, Cengkareng, Jakarta Barat yang berada di samping Masjid Hasyim Asy'ari.

Namun, proses pemantauan hilal itu jadinya dilakukan di Masjid Hasyim Asy'ari, sebab posisi hilal yang kemungkinan berada di dekat Masjid Hasyim Asy'ari.

"Untuk pemantauan hilal hari ini tepatnya di sini (Masjid Hasyim Asy'ari). Memang beberapa kali kita mengatakan di rusun, tapi saat ini kita mengadakan di sini karena posisi hilalnya itu kemungkinan ada di sebelah sini," ungkapnya.

Ia menyebut, rukyatul hilal di Masjid Hasyim Asy'ari akan dihadiri oleh Tim Falakiyah PWNU, Tim Falakiyah PBNU, Kanwil Kementerian Agama berta saksi, dan 75 orang yang merupakan peserta pelatihan hisab dan rukyatul hilal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas