Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Tak Berlebihan Saat Sahur, Saran Ahli Nutrisi Cukupi Energi dengan Makronutrien

Ahli nutrisi menyarankan tak harus berlebihan saat sahur, tapi pilih nutrisi makro yang tidak hanya terdiri dari karbohidrat saja.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Tak Berlebihan Saat Sahur, Saran Ahli Nutrisi Cukupi Energi dengan Makronutrien
Shutterstock
Ahli nutrisi menyarankan tak harus berlebihan saat sahur, tapi pilih nutrisi makro yang tidak hanya terdiri dari karbohidrat saja. 

 
Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengkonsumsi makanan bernutrisi dan tinggi serat tentu sangat dianjurkan bagi mereka yang menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadan 1444 Hijriah ini.

Namun apakah saat sahur, kita harus mengkonsumsi makanan secara berlebihan untuk memenuhi kebutuhan energi selama berpuasa?

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Pasien Diabetes Saat Puasa, Salah Satunya Jangan Lewatkan Sahur

Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia dan nggota Dietetic Advisory Board (DAB) Herbalife Nutrition, Aria Novitasari mengatakan bahwa saat sahur, mengkonsumsi makanan sebaiknya secukupnya saja.

Namun yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi saat sahur itu harus mengandung energi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh hingga tiba waktu berbuka puasa.

"Sahur itu nggak perlu berlebihan, apa sih yang kita makan? Di dalamnya itu ada energinya yang jadi bekal kita untuk puasa," kata Aria, dalam diskusi Herbal Nutrition di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Buah Kurma Bisa Jadi Nutrisi Pelengkap Saat Berpuasa

Makanan tersebut, kata dia, harus mengandung nutrisi makro yang tidak hanya terdiri dari karbohidrat saja, namun juga protein, vitamin hingga mineral.

BERITA TERKAIT

Perlu diketahui, nutrisi makro atau makronutrien merupakan gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk memberikan energi.

Ahli gizi bagikan tips menyiapkan makanan sehat.
Ahli gizi bagikan tips menyiapkan makanan sehat. ()

Sehingga kebutuhan energi pada tubuh akan tercukupi dan tidak mudah merasa lelah saat menjalankan ibadah puasa.

"Bekalnya itu apa? Ada nutrisi makronya, makronya kan karbohidrat, protein, vitaminnya ada, mineralnya ada," jelas Aria.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas