Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Contoh Teks Khutbah Idul Fitri 2023 yang Singkat

Dua contoh teks khutbah Idul Fitri 2023 yang singkat berjudul Lebaran Tak Perlu Berlebih-lebihan dan Mengetuk Pintu Surga.

Penulis: Sri Juliati
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Contoh Teks Khutbah Idul Fitri 2023 yang Singkat
AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN
Umat Muslim berkumpul untuk salat Idul Fitri yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh pada 2 Mei 2022. Inilah dua contoh teks khutbah Idul Fitri 2023 yang singkat berjudul Lebaran Tak Perlu Berlebih-lebihan dan Mengetuk Pintu Surga. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah dua contoh teks khutbah Idul Fitri yang singkat.

Pada saat Idul Fitri, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan shalat sunnah dua rakaat pada pagi hari atau yang disebut shalat Id.

Selepas shalat Idul Fitri, kita dianjurkan untuk mendengarkan khutbah yang biasanya disampaikan imam.

Khutbah Idul Fitri biasanya berisi pesan-pesan kebaikan dan nasihat untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa umat Muslim.

Bagi Anda yang mendapat tugas untuk berkhutbah selepas shalat Idul Fitri, inilah dua contoh naskah khutbah Idul Fitri 2023/1444 H yang bisa menjadi inspirasi.

Baca juga: Daftar Lokasi Shalat Idul Fitri 2023 Muhammadiyah di Jakarta pada Jumat 21 April 2023

Teks khutbah Idul Fitri 2023 yang pertama berjudul Lebaran Tak Perlu Berlebih-lebihan dan ditulis oleh dosen UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, M Ishom el-Saha.

Sementara teks khutbah Idul Fitri 2023 yang kedua berjudul Mengetuk Pintu Surga dan ditulis Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat, KH Miftahul Huda.

BERITA TERKAIT

Selengkapnya, inilah dua contoh teks khutbah Idul Fitri yang singkat, dikutip Tribunnews.com dari kemenag.go.id dan mui.or.id dengan perubahan seperlunya:

Teks Khutbah Idul Fitri 2023: Lebaran Tak Perlu Berlebih-lebihan

Khutbah Pertama

الله أكبر الله أكبر الله أكبر، الله أكبر الله أكبر الله أكبر، الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلّا الله، الله أكبر الله أكبر الله أكبر، ولله الحمد

الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على رسول الله -صلَّى الله عليه وسلَّم-، الصادق الوعد الأمين، وعلى آله وأصحابه ومن تبعه بإحسان إلى يوم الدين. وأشهد أن لا إله إلّا الله وحده، صدق وعده ونصر عبده وأعز جنده وهزم الأحزاب وحده، لا شيء قبله ولا شيء بعده، وأشهد أنّ محمدًا رسول الله -صلَّى الله عليه وسلّم-، وصفيه وخليله، خير نبي أرسله وهداية للعالمين اصطفاه، أما بعد :فَيَا اَيُّهَاالْمُومِنُوْنَ وَالْمُومِنَاتِ اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَي اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

Kaum muslimin yang berbahagia,

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt yang menurunkan rahmat di pagi hari yang sejuk ini kepada kita semua, sehingga kita dapat bersama-sama mengagungkan nama-Nya.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas