Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Contoh Teks Khutbah Jumat Tema Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2024

Contoh teks khutbah Jumat tema persiapan menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024, dibacakan ketika khutbah salat Jumat 8 Maret 2024.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Contoh Teks Khutbah Jumat Tema Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2024
Kolase Tribunnews
Khutbah Jumat Tema Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2024 - Contoh teks khutbah Jumat tema persiapan menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024, dibacakan ketika khutbah salat Jumat 8 Maret 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Contoh teks khutbah Jumat dengan tema persiapan menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024.

Naskah khutbah Jumat dalam artikel ini berkaitan dengan persiapan menyambut datangnya Bulan suci Ramadhan 1445 H yang jatuh mulai awal Maret 2024.

Dalam khutbah Jumat singkat ini akan diterangkan bagaimana seorang muslim dapat mempersiapkan diri menyambut Ramadhan 2024 secara lahir dan batin.




Khotib dapat menyampaikan tentang tips menyiapkan fisik dan mental kita agar kita siap secara lahir dan batin untuk menghadapi bulan Ramadhan 2024 ini.

Adapun contoh teks khutbah Jumat menyabut Ramadhan 2024 ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada hari ini, Jumat, 8 Maret 2024.

Simak contoh khutbah jumat berikut ini, melansir dari laman Pondok Pesantren Lirboyo.

Khutbah Jumat: Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2024

Khutbah I

الحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ : أعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيمْ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمانِ الرَّحِيمْ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلا أَوْلادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Hadirin sidang jumat rahimakumullah

Pada siang yang diberkahi ini, alhamdulillah kita bisa berjumpa lagi dalam ikatan ukhuwah Islamiyyah dengan kondisi sehat wal afiyah. Pertama-tama, khatib tak henti-hentinya berpesan ketakwaan kepada diri khatib sendiri khususnya dan jamaah sekalian umum umumnya.

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat dengan Tema Menyambut Bulan Ramadhan 2024

BERITA TERKAIT

Takwa dengan semaksimal mungkin menjauhi perkara yang dilarang agama dan menjalankan perintah-Nya.

Kita tahu manusia tak luput dari salah dan dosa, namun sebaik-baiknya pendosa adalah menyadari dosa dan salahnya kemudian diiringi dengan permohonan ampun dan amal saleh.

Shalawat serta salam semoga tercurah ke pangkuan junjungan kita Nabi besar Muhammad Saw, beserta keluarga, para sahabat, dan orang-orang beriman hingga akhir zaman.

Hadirin rahimakumullah

Tak terasa kita telah sampai di penghujung bulan sya’ban, salah satu bulan yang mulia. Itu artinya dengan kenikmatan Allah Swt. kita telah dapat menjumpai bulan yang mulia tersebut dan semoga kenikmatan Allah Swt. akan terus tercurahkan kepada kita sehingga kita dapat berjumpa dengan bulan mulia selanjutnya yakni bulan Ramadhan.

Semoga doa kita yang sering kita panjatkan sedari bulan Rajab dan Sya’ban agar diberi umur panjang bertemu dengan bulan Ramadhan diijabah oleh Allah swt.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.”

Hadirin Sidang Jumat Rahimakumullah

Apalah arti kedatangan bulan Ramadhan apabila diri kita sendiri tidak siap secara lahir dan batin menyambut datangnya bulan Ramadhan. Karena layaknya orang yang hendak melakukan perjalanan jauh yang menghabiskan waktu berhari-hari, ia memerlukan persiapan yang matang mulai dari menyiapkan perbekalan sampai memilih alternatif kendaraan yang tepat agar ia dapat sampai tujuan dengan selamat dan tepat waktu.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas