Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aktor Pembunuh Wartawan di Manado Harus Diungkap

Pembunuhan terhadap wartawan di manado harus diungkap oleh Polis

Penulis: Rachmat Hidayat
zoom-in Aktor Pembunuh Wartawan di Manado Harus Diungkap
Ist
Aryono Linggotu yang tewas dengan 14 tikaman. 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Pembunuhan terhadap wartawan di Manado harus diungkap oleh Polisi. jangan hanya para pelakunya, namun aktor intelektualnya juga harus
ditelusuri.

"Yang saya dengar sebelum kejadian korban ditelepon seseorang yang memberi informasi mengenai adanya bentrok antar kampung. Ini merupakan bukti kuat pembunuhan tersebut telah direncanakan sebelumnya, karena korban diarahkan ke lokasi TKP. Bila
melihat kronologinya, kemungkinan kecil dia menjadi korban salah  sasaran," kata politisi PKS yang juga anggota Komisi III DPR, Aboebakar Alhabsy, Minggu (25/11/2012).

Diberitakan sebelumnya, surat kabar lokal di Sulut, Metro kehilangan seorang wartawan andalnya. Aryono Linggotu (Ryo), wartawan yang tekun dan dikenal pendiam ini tewas bersimbah darah dengan sedikitnya 14 tikaman, Minggu (25/11/2012) sekitar pukul 05.00 Wita.

Rekan wartawan harian Metro, Yoseph Ikanubun sekaligus Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Sulut saat ditemui Tribun Manado menyesalkan kejadian tersebut.

"Ryo itu wartawan yang rajin, tekun dan ulet, dia tak banyak bicara namun soal kerja jangan ditanya. Kami kaget mendengar kabar ini," ujarnya. Berdasar informasi yang ia terima, Ryo tewas dengan tikaman bertubi-tubi di sekujur tubuh,  kejadian berlokasi di Kelurahan Banjer, Kecamatan Wenang, Manado

Aboebakar menegaskan, Polri harus mencari kronologi faktualnya, selain itu
penyidik harus mengungkap motif dibalik pembunuhan tersebut. Bila memang kasus ini berkaitan dengan pekerjaannya sebagai seorang wartawan, hal ini akan dapat menjadi preseden buruk.

"Karena pembunuhan  tersebut merupakan bagian dari pembungkaman kebebasan pers, ini akan mematikan demokrasi. Namun saya tidak ingin berandai-andai, kita tunggu saja hasil penyelidikan yang dibuat oleh Polri," Aboebakar menegaskan.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas