Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Longsor Cililin, 8 Tewas 9 Hilang

Penanganan darurat bencana longsor di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat masih dilakukan

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Longsor Cililin, 8 Tewas 9 Hilang
AFP/TIMUR MATAHARI
Tim SAR dan anggota TNI berusaha mengevakuasi korban dari lokasi longsor di Desa Muka Payung, Cililin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (25/3/2013). Dikabarkan enam orang tewas dan 18 orang lainnya hilang akibat peristiwa tersebut. AFP PHOTO / TIMUR MATAHARI 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Penanganan darurat bencana longsor di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat masih dilakukan.

Hingga Selasa (26/3/2013) siang dari 17 korban longsor di Kampung Nagrok, 8 orang telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan 9 orang masih hilang.

Korban meninggal adalah Tedy (laki-laki/13), Dedy (laki-laki/27), Tika (perempuan/26), Fitri (perempuan/8), Aditia (laki-laki/3), Agung (laki-laki/3), Teten (laki-laki/28) dan Safaat (laki-laki/8). Korban Dedy, Tika, Fitri dan Aditia adalah satu keluarga. Demikian pula Teten dan Safaat adalah bapak dan anaknya yang ditemukan tertimbun longsor dalam kondisi berpelukan.

Rilis yang diterima dari Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyebutkan, 6 orang luka, dimana 1 orang masih dirawat di RS Hasan Sadikin Bandung dan lainnya rawat jalan.

Sedangkan 9 korban yang belum ditemukan adalah Entis (laki-laki/55), Tuti (perempuan/48), Imas (perempuan/55), Iis (perempuan/18), Jessica Aulia (6 bulan), Ros (perempuan/32), Resti (perempuan/8), Taryati (perempuan/26), dan Cecep Hadiansyah (laki-laki/22).

Bupati Bandung Barat telah menetapkan masa tanggap darurat selama 7 hari, yaitu dari 25 sampai 31 Maret 2013. Fokus utama adalah pencarian korban yang tertimbun longsor dan pengungsi. Masa tanggap darurat dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
Untuk pencarian korban dikerahkan sekitar 150 personel tim gabungan dari TRC BNPB, BPBD, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, SKPD, relawan dan masyarakat.

Pencarian hanya dapat dilakukan secara manual. Alat berat tidak dapat dikirimkan ke lokasi karena akses medan yang sulit. Kondisi jalan sempit, dan menanjak sehingga sulit melalui jalan tersebut.

BERITA TERKAIT

Pengungsi menempati rumah saudaranya. Posko, dapur umum dan pos kesehatan didirikan di rumah penduduk. Logistik tersedia mencukupi hingga 1 minggu mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas