Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Kapal Patroli Kamla Sea Trail di Barelang

Kalakhar Bakorkamla Laksdya TNI Bambang Suwarto bersama rombongan melaksanakan uji coba (sea trial) dua kapal

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Dua Kapal Patroli Kamla Sea Trail di Barelang
Dok Bakorkamla
Kalakhar Bakorkamla Laksdya TNI Bambang Suwarto bersama rombongan melaksanakan uji coba (sea trial) dua kapal patroli di sekitar perairan Barelang, Batam, Kepulauan Riau. 

Laporan Wartawan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kalakhar Bakorkamla Laksdya TNI Bambang Suwarto bersama rombongan melaksanakan uji coba (sea trial) dua kapal patroli di sekitar perairan Barelang, Batam, Kepulauan Riau.

Uji coba ini dilakukan jelang pengoperasian sekaligus peresmian kapal milik Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) yakni Kapal Negara (KN) Bintang Laut (Kamla 4801) dan KN Singa Luat (Kamla 4802) yang beberapa waktu selesai dibangun di galangan galangan kapal PT Pelindo Marine Shipyard dan PT Citra Shipyard.

Dari informasi yang dihimpun Tribun Batam (Tribunnews.com Network), dua kapal tersebut, mulai melakukan sea trail dari Pelabuhan Tanjunguncang. Tujuannya untuk memeriksa kesiapan dan kelayakan dua kapal patroli yang memiliki panjang 48 meter ini untuk ditempatkan menjaga perairan di laut Kepulauan Indonsia (ALKI) 1 yang ada di Satgas 1 Batam dan ALKI 2 yang ada di Satgas 2 Manado, khususnya melakukan pengamanan laut Indonesia.

Selama dua jam lebih, kapal dicoba dengan pengecekan performa mesin serta manufer di laut, sampai sejumlah perlengkapan kapal seperti water canon dan lainnya.

Dalam kegiatan sea trial tersebut 4801 dan 4802 membawa rombongan Kalakhar Bakorkamla didampingi oleh Seslakhar Laksma Maritim Dr Ir. Dicky R. Munaf, Kapus Ops Laksma Maritim Roedy Santoso dan Kapus Pusipjak Laksma Maritim Satria F. Maseo beserta pejabat eselon III di Bakorkamla. Kalakhar beserta Kapus Siapjak berada di kapal 4801 dan Seslakhar beserta Kapus Ops berada di kapal 4802.

Sebagaimana diketahui, Kapal Patroli Kamla 4801 dan Kapal Patroli Kamla 4802 adalah kapal yang memiliki Konstruksi yang terbuat dari gabungan bahan baja dan aluminium alloy yang ada pada hull dan super struktur dengan rancang bangun futuristik. Kapal yang diawaki 25 anak buak kapal ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 25 knots. (isu)

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Batam
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas