Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Polewali Mandar Ancam Bikin Aksi Tandingan Protes Pemogokan Dokter

Aksi mogok para dokter di seluruh Indonesia, Rabu (27/11/2013), membuat sejumlah warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat, kesal.

zoom-in Warga Polewali Mandar Ancam Bikin Aksi Tandingan Protes Pemogokan Dokter
WartaKota/adhy kelana
TIDAK MAU DISALAHKAN - Ratusan dokter yang tergabung dalam Dokter Indonesia Bersatu (DIB) melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia longmars ke gedung Makakah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (27/11). Dalam aksinya, para dokter menuntut penghentian kriminalisasi kepada para dokter karena tidak sesuai dengan Pasal 50 UU No. 29 Tahun 2004 tentang praktik kedokteran dan Pasal 27 UU No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. (WartaKota/adhy kelana/kla) 

TRIBUNNEWS.COM, POLEWALI MANDAR - Aksi mogok yang dilakukan para dokter di seluruh Indonesia, Rabu (27/11/2013), membuat sejumlah warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat, kesal.

Mereka menuding dokter-dokter itu tidak profesional. Sejumlah keluarga pasien bahkan mengancam menggelar demo tandingan untuk menuntut para dokter kembali menjalankan tugas sebagaimana sumpah saat mereka dilantik menjadi dokter.

Hal ini, seperti dikatakan Hikmah dan Sawiah, anggota keluarga pasien asal Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar. Keduanya sangat kecewa karena menilai para dokter itu mengabaikan tanggung jawab moral.

"Apa dokter-dokter itu tidak paham ulahnya mogok bisa dipidanakan? Mengabaikan tugas dan pelayanan publik bisa diancam undang-undang perlindungan konsumen," kata Hikmah saat ditemui di salah satu rumah sakit di Polewali Mandar.

Hikmah menambahkan, dia tidak bisa membayangkan betapa banyak pasien yang terancam jiwanya ketika para dokter itu melalaikan tugasnya kemarin.

"Mereka kan sudah digaji negara. Kan tidak pantaslah tugas suci dokter menyelamatkan jiwa pasien dinodai dengan ulah rendahan seperti ini," tukas Sawiah.

Seperti diberitakan kemarin, ribuan dokter di seluruh Indonesia menggelar aksi mogok. Di Polewali Mandar, banyak orang sakit terpaksa pulang karena tidak ada pelayanan dokter di rumah sakit.

BERITA TERKAIT

Ratusan orang yang hendak memeriksakan kesehatan juga menunggu seharian di rumah sakit, tetapi tidak ada pelayanan medis.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas