Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Diminta Tak Berada di Radius 5 Km dari Kawah Sinabung

warga atau wisatawan diminta tidak mendaki dan melakukan aktivitas pada radius 5 kilometer dari kawah Sinabung.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Warga Diminta Tak Berada di Radius 5 Km dari Kawah Sinabung
RISKI CAHYADI/TRIBUN MEDAN
Seorang warga mengendarai mengendari gerobak sapi di kawasan Gunung Sinabung Desa Sigaranggarang, Kabupaten Karo, Sumut, Selasa (26/11). Aktivitas Gunung Sinabung terus mengalami peningkatan dengan terjadi erupsi berkali-kali. Erupsi Gunung Sinabung menyebabkan 17.713 warga yang tinggal di sekitar gunung itu mengungsi.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktifitas vulkanis Gunung Sinabung hingga hari ini, Selasa (3/12/2013), diamati masih tinggi. Apalagi, berdasarkan pemantauan kondisi saat ini, masih terpantau aktivitas erupsi abu yang disertai awan panas ke arah Tenggara.

Karena itu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak mendaki dan melakukan aktivitas pada radius 5 kilometer (km) dari kawah Sinabung.

Selain itu Kepala PVMBG Muhamad Hendrasto, Selasa (3/12/2013) mengatakan masyarakat di 17 desa dan dua dusun yaitu desa Guru Kinayan, Sukameriah, Berastepu, Bekerah, Gamber, Simacem, Perbaji, Mardinding, Gugung, Kuta Rakyat, Sigarang-garang, Sukanalu, Temberun Kuta Mbaru, Kuta Tonggal, Tiga Nderket, Slandi dan Dusun Sibintun dan dusun Lau diungsikan.

Hendrasto menjelaskan, masyarakat Desa Kuta Tengah yang terletak pada arah Tenggara bukan kawasan Gunung Sinabung, serta Desa Kebanyakan, Desa Naman, Desa Kutambelin yang berada radius 5 km dari Sinabung berpotensi terkena material jatuhan letusan.

"Untuk itu agar diungsikan," ungkap Kepala PVMBG Muhamad Hendrasto di kompleks Isneg, Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Lebih lanjut ia mengatakan, sehubungan dengan memasuki musim hujan, maka masyarakat yang bermukim dekat sungai yang berhulu puncak Sinanbung agar tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar dingin.

BERITA TERKAIT

Selain itu dia meminta masyarakat agar tetap tenang dan agar senantiasa mengikuti arahan dari pemrintah kabupaten karo/ muspida. Pun Senantiasa mendapatkan laporan tentang aktivitas Sinabung.

"Pusat vukanoogi dan mitigasi bencana geologi melalaui pos pengamatan gunung Sinabung selalu berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan Muspida karo, BPBD provinsi dalam memberikan informasi tentang aktivitas gunung Sinanbung," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas