Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Kota di Eropa Jadi "Saudara Baru" Kota Bandung

Saya sudah ada rapat dengan pemerintah Paris untuk membahas Sister City Bandung Paris.

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Dua Kota di Eropa Jadi
/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
GOWES SEHAT - Lebih dari 8.000 peserta mengikuti Gowes Sehat Bareng Alfamart Alfamidi saat dilepas di garis start di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (27/10). Kegiatan dalam rangkaian Semarak Ulang Tahun ke- 14 Alfamart dan ke-6 Alfamidi ini serentak digelar di 18 kota besar di seluruh Indonesia. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM BANDUNG,  - Kota Bandung bakal mempunyai dua saudara baru dari benua biru, Eropa, terkait kerjasama Sister City. Dua kota yang akan menjalin kerjasama dengan Kota Bandung adalah Paris dan Amsterdam.

Kota Bandung sebelumnya juga telah menjalin kerjasama Sister City dengan lima kota yang ada di empat negara. Kota-kota tersebut adalah Braunschweig (Jerman), Forth Worth (Texas- Amerika Serikat), Suwon (Korea) serta Liuzhou dan Yingkou (Beijing-China).

"Saya sudah ada rapat dengan pemerintah Paris untuk membahas Sister City Bandung Paris. Bulan September tim dari Perancis akan datang untuk memulai proses kerjasama," kata Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (21/1/2014).

Sementara itu, untuk kerjasama Bandung-Amsterdam sedikit berbeda dengan kerjasama dengan kota-kota lainnya. Menurut Ridwan, Kota Bandung akan mengikuti jejak jejak Amsterdam sebagai kota berpredikat Smart City.

"Amsterdam ini kota yang paling kuat urusan Smart City. Tanggal 30 Januari 2014 akan datang perwakilannya untuk membahas hasil pertemuan dengan Wakil Wali Kota Amsterdam kemarin," ungkap Ridwan.

Dalam kerjasama Smart City tersebut, kata Ridwan, ada beberapa hal yang menjadi fokus kerjasama antara Kota Bandung dan Amasterdam. Salah satunya terkait pengolahan sampah. "Di Amsterdam ini menarik, sampahnya bisa jadi barang seperti paving blok atau tembok. Jadi ada teknologi pengolahan sampah yang tidak harus jadi energi," tuturnya.

BERITA TERKAIT

"Kita juga membahas masalah transportasi sepeda. Amsterdam ini kota dengan manajemen transport sepeda terbaik di dunia," tegasnya.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas