Tribun

Ubah Batubara, PTBA Gandeng KorporasiAustralia

PTBA bekerjasama dengan Ignite Energy Resources Ltd (IER) untuk pengembangan teknologi konversi batubara kalori rendah

Editor: Budi Prasetyo
Ubah Batubara, PTBA Gandeng KorporasiAustralia
Bloomberg
Lokasi penambangan batu bara milik PT Bukit Asam 

TRIBUNNEWS.COMJAKARTA. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bekerjasama dengan Ignite Energy Resources Ltd (IER) untuk pengembangan teknologi konversi batubara kalori rendah menjadi minyak mentah sintetis dan batubara kalori tinggi.

Joko Pramono, Sekretaris Perusahaan PTBA mengatakan, pihaknya telah menandatangani kerjasama (MoU) dengan Ignite untuk pengembangan teknologi Cat-HTR di Australia danIndonesia.

 Minyak mentah sintetis yang dihasilkan selanjutnya  bisa diproses sehingga menghasilkan bensin, kerosin. Sedangkan batubara kalori tinggi dapat langsung digunakan untuk industri baja dan pembangkit listrik.

 "Batubara kalori rendah PTBA sudah dikirim keAustraliauntuk diuji coba menggunakan teknologi Cat-HTR," ujar Joko pada pernyataan resminya, Selasa (6/5/2014).

Uji coba itu telah membuahkan hasil. Batubara berkalori rendah itu sukses menghasilkan minyak mentah sintetis dengan kualitas menyerupai minyak mentah biasa. Selain itu, juga bisa menghasilkan batubara dengan nilai kalori lebih dari 7.000 kilo kalori.

Lebih lanjut, kata Joko, PTBA berpeluang melakukan investasi pada proyek pengembangan teknologi Cat-HTR melalui lisensi teknologi yang akan dikembangkan diIndonesiadanAustralia. (KONTAN/Amailia Putri Hasniawati )

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas