Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satu Siswa SMP Bangka Terpaksa Ikut UN di Kantor Polisi

seorang siswa SMPN 4 Simpangkatis Kabupaten Bateng, berinisial MD, terpaksa menjalani UN di kantor Polsek Merawang, Kabupaten Bangka.

zoom-in Satu Siswa SMP Bangka Terpaksa Ikut UN di Kantor Polisi
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR/SANOVRA JR
ILUSTRASI UJIAN NASIONAL - Sejumlah siswa mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri 1 Makassar, Sulsel, Senin (15/4). Sebanyak 336 siswa di SMA Negeri 1 Makassar mengikuti ujian nasional (UN) untuk menentukan kelanjutan pendidikan ke jenjang berikutnya. (TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR) 

TRIBUNNEWS.COM, KOBA - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs tahun 2014 di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) masih berjalan lancar hingga hari kedua, Selasa (6/5/2014).

Namun, seorang siswa SMPN 4 Simpangkatis Kabupaten Bateng, berinisial MD, terpaksa menjalani UN di kantor Polsek Merawang, Kabupaten Bangka.

"Ya, memang ada siswa kita yang mengikuti UN di Mapolsek Merawang karena terlibat masalah hukum," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bateng Sugianto kepada Bangka Pos, Selasa (6/5/2014).

Sugianto menambahkan, pihaknya tetap mengirimkan soal UN ke kantor Polsek Merawang untuk dikerjakan MD.

Menurut dia, hal itu untuk memenuhi hak MD seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak.

"Mekanisme pelaksanaan UN tetap sama dengan siswa lainnya. Waktu pengerjaan tetap dua jam setiap mata pelajaran. Hanya saja MD harus diawasi satu orang polisi dari Polsek Simpangkatis dan dua pengawas. LJK (lembar jawaban komputer) MD juga langsung dibawa ke Dindik (Dinas Pendidikan) Bateng dan diserahkan ke Dindik provinsi," ujar Sugianto.

Dia menyayangkan adanya pelajar Kabupaten Bateng yang terlibat masalah hukum. "Kita berharap ke depan tidak ada lagi pelajar atau siswa kita yang terlibat tindak pidana. Sangat disayangkan, sebab mereka adalah generasi penerus kita," ucapnya. (zky)

BERITA TERKAIT
Sumber: Bangka Pos
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas