Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AMM: Mbah Idris, Kiai Kharismatik Rujukan Para Tokoh

Senin (9/6/2014) pagi tadi, KH Idris Marzuki pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Lirboyo Kediri Jawa Timur meninggal.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Rendy Sadikin
zoom-in AMM: Mbah Idris, Kiai Kharismatik Rujukan Para Tokoh
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang juga peserta konvensi capres Partai Demokrat, Ali Masykur Musa menjadi narasumber pada acara uji publik Capres 2014 di Jakarta Pusat, Rabu (26/3/2014). Acara yang diadakan The Habibie Center bekerjasama dengan Hanns Seidel Foundation ini bertemakan mencari pemimpin muda berkualitas pada Pemilu mendatang. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, KEDIRI - Indonesia kembali berduka. Satu lagi ulama kharismatik pengayom umat berpulang ke Sang Maha Kuasa.

Senin (9/6/2014) pagi tadi, KH Idris Marzuki pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Lirboyo Kediri Jawa Timur meninggal.

Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa (AMM) menyatakan bela sungkawa yang mendalam dan merasa sangat kehilangan dan berduka terhadap wafatnya almarhum KH Idris Marzuki.

"Saya merasa sangat kehilangan. Beliau adalah guru yang sangat saya segani," ujar Ali, yang sedang dalam perjalanan takziah ke Lirboyo Kediri. Menurut Ali, almarhum adalah sosok kiai besar nan sederhana.

"Almarhum Mbah Kiai Idris begitu alim dan zuhud. Seluruh hidupnya diabdikan untuk pengembangan ilmu pesantren, santri, dan umat. Beliau juga konsisten menyebarkan Islam Rahmatan lil 'alamin," ujarnya.

Selain itu, imbuh Ali, almarhum adalah kiai yang selalu menjadi rujukan para pemimpin negara.

"Sangat sering almarhum disowani tokoh nasional atau lokal. Dari situ terlihat, almarhum memiliki kebaikan budi yang nasehatnya selalu dijadikan rujukan oleh tokoh dan pemimpin sebelum mengambil kebijakan atau keputusan," ujar Anggota BPK ini.

BERITA TERKAIT

Almarhum wafat pada pukul 09.40 WIB di Rumah Sakit (RS) Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur. Rencananya, almarhum dikebumikan malam ini pukul 19:00 WIB di pemakaman keluarga Lirboyo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas