Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pria Ini Berdoa dari Kubur Agar Anak Cucunya Bahagia

"Tujuan saya tidak mencari ilmu, tapi hanya ingin berdoa supaya anak cucu saua dapat hidup bahagia dan sejahtera," ungkap Sutarto.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Pria Ini Berdoa dari Kubur Agar Anak Cucunya Bahagia
Tribun Jateng/Suharno
BANYAK GODAAN - Selama lima hari menjalani topo pendem (bertapa di dalam tanah) Sutarto banyak digoda makhluk halus. Ia menjalani topo pendem dari 4 sampai 9 Desember 2014 di halaman rumahnya di Kebaksari, Kebakkramat, Karanganyar. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNNEWS.COM, KARANGANYAR - Sutarto berdoa tidak lazimnya kebanyakan orang. Pria yang memiliki tiga cucu ini memilih berdoa dengan menguburkan diri selama lima hari.

Boleh dipercaya atau tidak, menguburkan diri atau biasa disebut topo pendem, dilakukan warga Kebaksari itu di pekarangan rumahnya di Desa Kebak, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar.




"Tujuan saya tidak mencari ilmu, tapi hanya ingin berdoa supaya anak cucu saua dapat hidup bahagia dan sejahtera," ungkap Sutarto, Rabu (10/12/2014). Ia menggali kuburannya untuk topo pendem sedalam dua meter.

Kuburan tempatnya bersemedi dilapisi papan 1,5 meter. Setengah meter bagian atas ditimbun tanah. Dalam kuburan 125 centimeter. Agar tetap ada udara, di pinggir liang diberi plafon yang berguna untuk suplai minum dan telur.

Aksi topo pendem dia lakukan sejak Kamis (4/12/2014) malam usai salat Magrib atau pada malam Jumat Pon, dan menyudahi pertapaannya pada Selasa (9/12/2014) malam.

"Sebenarnya saya ingin delapan hari delapan malam, tapi karena anak saya sama tetangga saya ingin supaya saya keluar pada hari kelima takutnya saya lemas di dalam," paparnya.

BERITA TERKAIT

Pada saat pertapaannya, Sunarto mengaku sempat digoda beberapa mahluk halus seperti banaspati (bola api) hingga tengkorak berjalan. Ia juga sempat didatangi juga oleh Sunan Lawu yang berpakaian serba putih.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas