Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Semarang 3 Menit Selesai

"Tentunya itu sudah kita pikirkan. Saya inginnya malah semacam ATM bersama. Semua nasabah dari bank manapun bisa menikmati layanan ini," terang dia.

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Semarang  3 Menit Selesai
tribunjateng/dok
Sekarang Bayar Pajak Kendaraan Bermotor 3 Menit Selesai, setelah Gubernur meresmikan Samsat Online di Semarang 3 tanggal 8 Januari 2015

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG- Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tidak perlu lagi antre dan berdesakan dalam membayar pajak.

Wajib pajak, khususnya yang membayar di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Semarang III sudah bisa memanfaatkan ATM Samsat. Mereka bisa membayar pajaknya melalui ATM Bank Jateng.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meresmikan ATM Samsat, Kamis (8/1).

Keberadaan ATM Samsat diharapkan menggenjot pendapatan daerah dari sektor PKB.

Menurut Ganjar, PKB adalah satu di antara sumber pemasukan terbesar.

"Proses pembayarannya mudah. Di samping itu memanfaatkan mesin ATM. Jadi bertransaksi 24 jam penuh," ujarnya.

Ganjar ingin membalikkan kesan tentang Samsat yang selama ini dikenal sebagai tempat "peteng ndedet". Maksudnya, ucap dia, selama ini Samsat dianggap sebagai tempat pungli, pemerasan, dan mempersulit wajib pajak. Dengan sistem ATM Samsat, warga masyarakat tak perlu khawatir tentang "campur tangan" calo.

Politisi PDIP itu menyadari, bukan perkara mudah membersihkan Samsat dari calo dan praktik korupsi. Namun ia melihat, sudah ada semangat untuk menuju Samsat yang "padhang byak".

Sayangnya, ATM Samsat saat ini hanya bisa diakses melalui ATM Bank Jateng. Dengan demikian, wajib PKB yang merupakan nasabah bank lain tidak bisa menikmati layanan ini.

"Tentunya itu sudah kita pikirkan. Saya inginnya malah semacam ATM bersama. Semua nasabah dari bank manapun bisa menikmati layanan ini," terang dia.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas