Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demam Tinggi, Mantan Juara Bayi Sehat Itu Kini Lumpuh

mantan juara bayi sehat itu ternyata kini tak mampu menggerakan kedua kaki dan tangan kirinya.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Demam Tinggi, Mantan Juara Bayi Sehat Itu Kini Lumpuh
TRIBUN JOGJA/PADHANG PRANOTO
Rama Joko Yulianto (3,5) yang kini tak bisa berjalan dengan normal 

TRIBUNNEWS.COM - NAMANYA Rama Joko Yulianto (3,5) sekilas tidak ada yang janggal ketika melihat balita warga Dukuh Pengkol, Desa Dengkeng, Wedi-Klaten RT I/VIII itu, layaknya yang anak-anak lain, ia gemar bermain dan bercanda.

Namun jika lama-lama diperhatikan, mantan juara bayi sehat itu ternyata kini tak mampu menggerakan kedua kaki dan tangan kirinya.

Anak pasangan Mardiningsih (30) dan Widodo (32) itu, harus berguling atau merosot menggunakan punggungnya jika hendak berpindah tempat.

Mengunjungi rumah sederhananya, Rama begitu ia akrab dipanggil sedang tertidur. Tak lama kemudian, putra kedua dari Mardiningsih pun bangun dan memanggil sang ibu.

Setelah sempat bertegur sapa, Rama terlihat tertawa ketika ditunjukan foto dirinya ditunjukkan oleh sang ibu.

Dengan polos, Rama mengulik panel kamera digital dalam genggamannya, selanjutnya dia mencoba 'pamer' foto dirinya kepada kakaknya Eko (7). "Rama Mas,"katanya terdengar Cadel disusul tawa.

Saat bersamaan, seorang tetangga memanggil namanya dan memberinya uang. Rama kelihatan senang, lalu mendekat dengan cara berguling-guling.

BERITA TERKAIT

Seolah terbiasa dia guling-guling dengan cepat diatas lantai semen plester.

 Setelah mendapatkan apa yang diinginkannya, Rama balik ke pelukan sang ibu, sungguh malang melihat nasibnya, apalagi Rama pernag menjadi juara bayi sehat. Apa yang terjadi dengan Rama hingga seperti itu?

Pengakuan Mardiningsih, kebiasaan Rama berpindah tempat dengan berguling dimulai semenjak anaknya itu sembuh dari penyakit radang otak. Sejak saat itu putranya itu mengalami kelumpuhan dibagian alat gerak.

"Awalnya pada usia 1,5 tahun, tubuh Rama diserang demam hebat. Sejak saat itu, ia tidak bisa jalan, padahal diumur satu tahun ia sudah mulai berlatih berjalan," kenangnya, Selasa (3/3/2015).

Ingatan Mardiningsih balik kembali ke masa lalu sambil bercerita, ketika umur Rama belum menginjak satu tahun, anaknya itu pernah menyabet peringkat ke empat, dalam lomba bayi sehat di Posyandu desa.

Saat itu itu perkembangan putranya tidak menunjukan gejala yang mencurigakan, sampai suatu saat, Rama mengalami demam tinggi, lalu kejang.

Khawatir, kedua orang tuanya langsung membawa anak tersebut ke RSUP Dr Soradji Tirtonegoro.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas