Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketika Senjata dan Kendaraan Brimob Polda Bali Diruwat

Sebanyak 550 senjata didoakan saat persembahyangan di Perayaan Hari Raya Tumpek Landep Mako Brimob Polda Bali, Jalan Tohpati, Bali, Sabtu (16/5/2015).

Editor: Y Gustaman
zoom-in Ketika Senjata dan Kendaraan Brimob Polda Bali Diruwat
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Pengayah sedang membantu pemangku menghaturkan sesaji ke segala benda dari unsur logam yang akan diupacarai di Polsek Denpasar Selatan, Denpasar, Sabtu (16/5/2015). Hari Tumpek Landep merupakan hari khusus untuk mengupacarai persenjataan/peralatan untuk memohon kekuatan iman dan mental yang baik dalam penggunaan persenjataan serta peralatan yang sifatnya tajam. (Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Nyoman Mahayasa

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Sebanyak 550 senjata didoakan saat persembahyangan di Perayaan Hari Raya Tumpek Landep Mako Brimob Polda Bali, Jalan Tohpati, Denpasar, Bali, Sabtu (16/5/2015).

Hari Raya Tumpek Landep merupakan hari khusus umat Hindu untuk mendoakan persenjataan atau peralatan dari logam. Upacara ini bertujuan memohon kekuatan iman dan mental yang baik dalam penggunaan persenjataan serta peralatan yang sifatnya tajam.

Jenis senjata api seperti revolver hingga senapan laras panjang diikutkan dalam ritual sembahyangan tumpek landep milik Brimob Polda Bali.

Segala jenis peralatan dari logam dan besi yang diupacarai tidak hanya senjata milik personel Brimob saja. Pantauan Tribun Bali, sejumlah kendaraan dinas dan kendaraan taktis ikut diupacarai.

Sejumlah kendaraan taktis itu di antaranya mobil water cannon, mobil milik Gegana, barakuda dan lainnya.

BERITA TERKAIT

"Tujuan persembahyangan suci sebagai bentuk terima kasih kepada kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam wujudnya sebagai Dewa Senjata (Pasupati)," kata Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Satuan Brimob Polda Bali Kompol Surya Negara di Markas Brimob Polda Bali Tohpati, Denpasar.

Ia berharap lewat acara persembahyangan ini seluruh personelnya diberi keselamatan dan kesehatan serta ketajaman pikiran dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Selain di Mako Brimob, beberapa markas lain juga menjalankan ritual ini. Di antaranya adalah Mapolsek Denpasar Selatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar.

Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas