Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nelayan Lumpur Gresik Melarung Perahu Sesaji di Laut

Nelayan di Kelurahan Lumpur, Kecamatan Kabupaten Gresik, Jawa Timur, melestarikan tradisi leluhur dengan membuang sesajen ke laut, Minggu (17/5/2015).

Editor: Y Gustaman
zoom-in Nelayan Lumpur Gresik Melarung Perahu Sesaji di Laut
Surya/Sugiyono
Nelayan Kelurahan Lumpur, Kecamatan/Kabupaten Gresik melepaskan perahu mini dari gabus yang berisi sesajen ke laut, Minggu (17/5/2015). 

Laporan Wartawan Surya, Sugiyono

TRIBUNNEWS.COM, GRESIK - Nelayan di Kelurahan Lumpur, Kecamatan Kabupaten Gresik, Jawa Timur, melestarikan tradisi leluhur dengan membuang sesajen ke laut, Minggu (17/5/2015).

Warga Kelurahan Lumpur, mulai anak-anak sampai orang dewasa berkumpul di Balai Nelayan Celek di tepi Pantai Lumpur. Selama perjalanan ke laut menggunakan perahu nelayan, warga terus membaca doa sembari membuang sesajen.




Sesajen yang dibuang di antaranya nasi tumpeng, telur, buah dan jajanan pasar. Sesajen ini diletakkan di perahu nelayan mini dari gabus yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

"Kegiatan ini untuk melestarikan ritual yang sudah dilakukan nenek moyang kita. Ini namanya melarung sebagai bentuk syukur terhadap nikmat yang diberikan Yang Maha Kuasa," kata Abdul Majid (55), warga Kelurahan Lumpur dari Balai Nelayan Celek.

Usai melarung, warga langsung kembali ke daratan untuk makan bersama yang sudah disediakan panitia.

BERITA TERKAIT
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas