Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hotma Sitompoel Tunggu Polda Bali di Pengadilan

Hotma Sitompoel tidak banyak berkomentar terkait ditolaknya praperadilan yang diajukan oleh hakim.

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Hotma Sitompoel Tunggu Polda Bali di Pengadilan
Warta Kota/Henry Lopulalan
Pengacara Hotma Sitompoel selesai menjalani pemeriksaan di KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2013). Hotma diperiksa terkait kasus dugaan suap pengurusan kasasi di Mahkamah Agung yang telah menyeret karyawan dan keponakannya, Mario Carnalio Bernardo menjadi tersangka. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM. DENPASAR -Senyum sumringah mengembang di wajah Siti Sapurah dari P2TP2A, ketika mendengar hakim tunggal Ahmad Peten Sili membacakan putusan yang menyatakan menolak praperadilan yang diajukan Margriet (Pemohon), Rabu (29/7/2015) di Ruang Cakra, Pengadilan Negeri Denpasar, Bali.

Tak hanya Siti Sapurah, tampak pula Hoposan Sihombing (Pengacara Agus Tay), Arist Merdeka Sirait (Komnas PA) bersama puluhan pengunjung lainnya yang memenuhi ruang sidang pun menyambut gembira putusan hakim.

Mereka bertepuk tangan sembari berteriak memuji kepemimpinan hakim Ahmad Peten Sili yang menolak praperadilan Margriet.

Ditemui usai sidang, perempuan yang akrab disapa Ipung yang sedari awal mengawal kasus tewasnya Engeline (sebelumnya disebut Angeline) ini terlihat tidak kuasa menyembunyikan kegembiraan dan tidak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur, bahwa hakim telah memutuskan menolak praperadilan Margriet.

Ia mengatakan, semenjak sidang praperadilan ini diajukan pihak Margriet, dirinya optimis akan ditolak oleh hakim.

“Jauh hari saya menduga dan saya yakin polisi bekerja tidak setengah-setengah, dan saya juga percaya polisi tidak menjatuhkan tersangka kepada Margriet karena opini publik atau tekanan lain. Saya terimakasih kepada Tuhan yang memberikan polisi yang luar biasa, dan memberikan hakim yang punya nurani,” ucapnya terbata-bata sembari mengusap air mata.

Kepuasan atas ditolaknya praperadilan Margriet juga dinyatakan tim kuasa hukum Polda Bali selaku pihak Termohon.

BERITA TERKAIT

Kepada Tribun Bali, Wayan Supartha SH mengungkapkan dari awal praperadilan ditolak oleh hakim.
Pihaknya beralasan bukti-bukti yang diajukan selama ini dalam menetapkan tersangka (Margriet) sudah sesuai dengan prosedur dan berdasarkan hukum yang ada.

"Dari awal kami sudah yakin praperadilan ditolak hakim. Kami menetapkan tersangka semuanya melalui prosedur dan ketentuan yang berlaku," jelasnya

Dengan ditolaknya praperadilan tersebut, pihaknya menyatakan kepolisian akan terus menindaklanjuti perkara ini sampai ke pengadilan. Saat ditanya sudah sejauh mana kelengkapan berkas tersangka, pihaknya belum bisa memastikan karena masih dalam proses.

"Ini kan kita melibatkan banyak orang dan barang bukti yang ditemukan sebagaimana yang terungkap dalam sidang praperadilan tadi. Kita tidak sembarangan, karena ini masih dalam proses. Yang jelas setelah ditolak praperadilannya, perkara akan ditindaklanjuti masuk ke perkara pokok," ujar Parwatha.

Terkait dengan “tantangan” kuasa hukum Margriet yang meminta untuk segera melimpahkah berkas ke kejaksaan dan ke pengadilan, Parwatha menyatakan siap.

Pun menyatakan jika dianggap berkas lengkap akan segera dilimpahkan ke kejaksaan dan pengadilan.

Kepada Tribun Bali, Wayan Supartha SH mengungkapkan dari awal praperadilan ditolak oleh hakim.
Pihaknya beralasan bukti-bukti yang diajukan selama ini dalam menetapkan tersangka (Margriet) sudah sesuai dengan prosedur dan berdasarkan hukum yang ada.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas