Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penghulu Salah Jadwal, Pernikahan IBP dan IF Nyaris Berantakan

Tak pernah terlintas di benak IBP (30) dan IF (26), hari pernikahan mereka hampir saja berantakan karena penghulu tidak hadir.

Penulis: Sanusi
zoom-in Penghulu Salah Jadwal, Pernikahan IBP dan IF Nyaris Berantakan
ist
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Tak pernah terlintas di benak IBP (30) dan IF (26) sebelumnya, hari pernikahan mereka hampir saja berantakan karena penghulu tidak hadir.

Sabtu (17/10) pagi, IBP dan IF sekeluarga sudah berkumpul di Islamic Center Bekasi untuk acara yang bakal digelar secara khidmat. Pukul 07.30 Wib, MC sudah memulai acara dengan memperkenalkan dua keluarga mempelai. Perasaan haru dan bahagia tumpah dalam suasana yang menyatukan dua anak manusia pagi itu.

Usai melakukan perkenalan, sekitar 15 menit kemudian MC meminta dua keluarga masuk ke dalam Masjid Islamic Center untuk segera melangsungkan akad nikah antara IBP dan IF.

Di dalam masjid, saksi pernikahan, wali dari mempelai perempuan sudah duduk menunggu anak-anak mereka untuk disatukan dalam ikatan agama. Tapi ada yang janggal, penghulu belum juga hadir. Dalam benak tamu yang ada di lokasi, oh mungkin penghulu masih di jalan. Akhirnya MC mempersilakan dua perwakilan keluarga untuk memberikan petuah-petuahnya kepada kedua mempelai dalam mengarungi bahtera rumahtangga.

Detik ke detik, menit ke menit sudah berlalu. Waktu sudah menunjukkan pukul 09.30 Wib, keluarga dua mempelai mulai panik. Kok bisa penghulu belum datang. Padahal dalam perjanjian, penghulu bakal menikahkan IBP dan IF pada pukul 08.00 Wib. Jangan tanya kondisi dua mempelai, sudah barang tentu panik dan malu kepada tamu yang hadir.

Kasak-kusuk, panitia pernikahan IBP dan IF mulai menelepon penghulu yang sudah berjanji bakal hadir tanpa dijemput, yaitu Haji Mahdum, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bekasi Selatan. Telepon demi telepon, SMS demi SMS sudah terkirim. Tapi tak ada balasan dari Haji Mahdum. Semakin panik keluarga.

Akhirnya panitia membuat rapat kecil untuk membereskan masalah tersebut. Ada dua opsi yang muncul dari rembugan tersebut. Pertama, mencari penghulu lain yang tinggal di sekitar Islamic Center Bekasi. Lalu opsi kedua, yaitu "meminjam" penghulu yang juga sedang menikahkan pasangan lain di gedung yang berbeda.

BERITA TERKAIT

Beruntung bagi keluarga, ternyata dari sekian banyak tamu yang datang dalam acara akad tersebut, ada seorang pria yang mengaku berprofesi sebagai penghulu. Tanpa pikir panjang, karena waktu sudah mepet ke acara resepsi, akhirnya penghulu tersebut menikahkan IBP dan IF. Tapi pernikahan tersebut tentunya tidak masuk dalam pencatatan sipil, karena penghulu KUA yang memegang berkas IBP dan IF tidak kunjung datang.

Namun, satu hal yang pasti, keluarga bahagia bahwa anak-anak mereka sudah bisa disatukan melalui ikatan agama. Soal dicatat oleh negara, bisa dilakukan nanti setelah acara selesai.

Ketika dikonfirmasi, IBP mengatakan, penghulu tersebut sudah jauh-jauh hari dihubungi dan menyatakan kesanggupannya untuk datang meski tidak dijemput.

"Kami sudah melengkapi semua persyaratan administrasi. Jadwal sudah kami beritahu. Uang juga sudah lunas sebesar Rp 600 ribu yang saya bayarkan melalui rekening BRI. Kalau perlu saya tunjukkan bukti transfernya," kata IBP kepada Tribunnews.com, akhir pekan lalu.

Menurut IBP, dirinya secara pribadi pernah bertemu langsung dengan penghulu yang akan menikahkan dia dengan calon mempelai perempuannya. "Namanya Haji Mahdum, Kepala KUA Bekasi Selatan. Itu lho, yang alamat kantornya di Jalan Pulau Ribung. Kok bisa ya dia tidak datang," kata IBP penuh rasa kecewa.

"Sudah deal. Semuanya sudah beres. Haji Mahdum sendiri yang bilang tidak mau dijemput. Makanya kami dari keluarga tidak menjemput. Sehari sebelum akad nikah juga kami konfirmasi kembali. Staf Haji Mahdum juga bilang, bahwa yang bersangkutan bakal hadir. Tapi hingga saat ini, ditelepon gak diangkat, di-SMS juga tidak dibalas."

Penghulu Akhirnya Datang

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas