Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

GKR Mangkubumi Gandeng Artha Graha Peduli untuk Sejahterakan Jutaan Keluarga

GKR Mangkubumi, lazim dipanggil Gusti Pembayun, menggandeng Artha Graha Peduli untuk sejahterakan jutaan keluarga

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in GKR Mangkubumi Gandeng Artha Graha Peduli untuk Sejahterakan Jutaan Keluarga
ist

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - GKR  Mangkubumi, lazim  dipanggil  Gusti  Pembayun,  menggandeng Artha Graha Peduli untuk sejahterakan jutaan keluarga melalui program Keluarga Berencana dan pemberdayaan  ekonomi  mikro  berbasis keluarga.

“Kekuatan dan masa depan bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh kesejahteraan keluarga. Karena itu,  kami mengharapkan semua pihak mendukung program-progam yang bermuara demi kemakmuran keluarga,” kata  Gusti  Pembayun  pada  Rakernas  Asosiasi  Kelompok UPPKS (AKU) di  Hotel  Discovery & Convention Ancol  (DHCA) Jakarta, Selasa (27/10/2015).

GKR  Mangkubumi  baru  dilantik  menjadi  Ketua  Umum  Asosiasi Kelompok  UPPKS  (AKU)  periode  tahun  2015  -  2019,  lembaga  non pemerintah  yang  salah  satu  misinya  mendukung  upaya  peningkatan kesejahteraan keluarga.

Oleh karena ada kesamaan visi dan misi, Artha Graha Peduli ikut dalam aksi  perjuangan Keluarga Sejahtera dengan dengan berbasis pada prinsip-prinsip kebersamaan,  gotong royong,  terbuka dan berazazkan Pancasila.

“Salah satu pilar utama AGP adalah pemberdayaan masyarakat. Kami ikut serta karena satu perahu dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ketua Pelaksana Harian AGP, Indra S Budianto. Artha  Graha  Peduli,  katanya,  punya  target  untuk  meningkatkan kesejahteraan 3 juta orang keluarga miskin menjadi keluarga sejahtera.

AKU  dan  AGP  mendukung  pemberdayaan  ekonomi  anggota Kelompok UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) melalui  beberapa program kerjanya seperti pendanaan modal  kerjauntuk pengembangan usaha pada anggota serta pengelolaan keuangan para  anggotanya  sehingga  dapat  memberikan  implikasi  terhadap peningkatan taraf hidup anggota kelompok.

Disamping  itu  AKU-AGP  juga  memberikan  pendampingan  dan pembinaan  dalam  pemberdayaan  anggota  kelompok  sehingga  pada akhirnya para anggota kelompok dapat lebih mandiri dalam mengelola usahanya.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Kepala Divisi Pengembangan Produk dan e-banking, Indrastomo Nugroho mengatakan, AKU-AGP melalui Bank Artha Graha membuatkan Kartu Anggota Kelompok UPPKS yang sekaligus berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debet yang dapat digunakan di jaringan Bank Artha Graha.

“Untuk  mendukung semua itu Bank Artha Graha akan menempatkan beberapa ATM yang mendekatkan pada lokasi Kelompok UPPKS,”  kata Indra.

Asosiasi Kelompok UPPKS atau lebih dikenal dengan sebutan AKU, memiliki  anggota  sekitar  1,3  juta  jiwa.  Kebanyakan  mereka  ibu-ibu rumah tangga yang gigih bekerja demi masa depan anak-anaknya.

AKU berjuang  meningkatkan  kualitas  hidup  anggotanya  melalui  berbagai cara,  terutama  mendorong  penguatan  ekonomi  mikro  melalui pengembangan  jaringan  akses  pasar,  teknologi  tepat  guna,  dana bergulir, dan lain-lain.

Temuan di lapangan memperlihatkan, perjuangan kaum ibu lebih giat  dalam  hal  menabung  dan  berpendapatan.  Mereka  tidak  mudahkonsumtif dan berfikir  cermat demi hidup lebih baik.  Namun,  hingga kini baru sebagian kecil  saja yang tersentuh program pembinaan danakses lembaga keuangan.   Mayoritas masih menunggu uluran tangan dari mereka yang peduli.

“Karena itu, peran koperasi menjadi sangat penting. AKU meyakini membangun  koperasi  secara  kelembagaan  bisa  menjembatani perjuangan  memperoleh kredit  mikro  bagi  ibu-ibu  ini.  Koperasi  juga menjadi  mitra  strategis  bagi stakeholder lainnya  termasuk instansi pemerintah, bank dan kegiatan CSR lainnya,” tutur Gusti Mangkubumi.

Rapat  Kerja  Nasional  AKU  berlangsung  27-29  Oktober  2015. Dalam pertemuan tersebut juga akan dilakukan penandatanganan MoU antara BPP AKU dengan BKKBN Pusat, dan BPP AKU dengan Artha Graha Peduli dan Danatama Syariah.

Hadir sekitar 200 ketua-ketua daerah dan tim kerja BKKBN hadir dihotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara. Iyuk Wahyudi, selaku Sekjen AKU merasa  bersyukur  atas  dukungan  para  mitra  strategis,  antara  lain:  BKKBN,  Bank  Artha  Graha,  Garuda  Food,  Artha  Graha  Peduli  dan Danatama Syariah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas