Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gadis Cantik Pendonor Ginjal Butuh Tiga Tahun Yakinkan Ayahnya

Gadis cantik ini butuh tiga tahun meyakinkan ayahnya untuk mau menerima donor ginjal darinya.

Penulis: Beben Syah
Editor: Y Gustaman
Tribun Sumsel/Beben Syah
Rieskhy Wulandari (19) yang pernah dinobatkan sebagia Putri Pariwisata Kabupaten Empat Lawang rela mendonorkan ginjal untuk ayahnya, Jumat (8/1/2016).
Dokumentasi Rieskhy Wulandari
Rieskhy Wulandari (19) yang pernah dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Kabupaten Empat Lawang rela mendonorkan ginjal untuk ayahnya, Jumat (8/1/2016).
Dokumentasi Rieskhy Wulandari
Rieskhy Wulandari (19) yang pernah dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Kabupaten Empat Lawang rela mendonorkan ginjal untuk ayahnya, Jumat (8/1/2016).
Dokumentasi Rieskhy Wulandari
Rieskhy Wulandari (19) yang pernah dinobatkan sebagia Putri Pariwisata Kabupaten Empat Lawang rela mendonorkan ginjal untuk ayahnya, Jumat (8/1/2016).

Laporan Wartawan Tribun Sumsel, M Syah Beni

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - "Saya bahagia. Saya malah tidak sabar lagi menantikannya (operasi)," ujar Rieskhy Wulandari kepada Tribun Sumsel, Sabtu, (9/1/2015).

Jawaban itu secara tegas ia ucapkan di depan ayahnya, Darwin, saat Tribun datang ke rumahnya dan bertanya keputusan Rieskhy mendonorkan ginjal.

Gadis cantik pendonor ginjal ini dalam waktu dekat akan menjalani operasi transplantasi ginjal di RS Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang untuk kemudian menggantikan ginjal Darwin yang sudah rusak.

Ditemui di rumahnya di Jalan Anggrek, Kelurahan Sialang, Kecamatan Sako Palembang, Rhiesky tengah asyik memainkan gawainya, roman mukanya ceria dan ia tak sabar menuju meja operasi agar ginjalnya cepat berpindah untuk ayahnya dan sembuh seperti semula.

Keputusan Rhiesky mendonorkan ginjal membuat banyak orang tidak percaya, lantaran usianya belum genap 20 tahun dan masa depannya masih panjang.

Kepada Tribun Sumsel ia menceritakan semua perasaan yang selama tiga tahun ini ia pendam. "Harapan saya semoga tidak ada halangan untuk niat ini. Semoga juga prosesnya berjalan cepat," Rhiesky berharap.

BERITA TERKAIT

Darwin didiagnosa mengalami gagal ginjal pada 2013 saat Rhiesky masih duduk di bangku kelas dua sekolah menengah atas di Kabupaten Empat Lawang terpisah dari orangtuanya yang tinggal di Palembang.

Mendengar kabar ayahnya sakit, Rhiesky sangat terpukul dan selalu berpikir negatif sehingga tiap gawai pintarnya berdering hatinya terus was-was, takut hal buruk menimpa ayahnya.

"Saya parno (paranoid). Takutnya nanti dikabari yang tidak-tidak (soal si ayah). Sejak itu saya terus dibayangi ketakutan," jelas perempuan yang pernah dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Kabupaten Empat Lawang itu.

Rhiesky terlihat berkaca-kaca dan menumpuk di ujung matanya saat menceritakan ayahnya tersebut, tapi ia buru-buru mengambil tisu di atas meja untuk menyeka kesedihan dari wajahnya yang berpeluh.

Sejak ayahnya didiagnosa gagal ginjal, sejak saat itu ia menimbang-nimbang dan menyerahkan dirinya untuk ikhlas bisa menggantikan ginjal rusak ayahnya dengan ginjalnya yang masih sehat.

"Saya mencari-cari informasi tentang penyakit itu, tentang donor ginjal dan sebagainya," ujar mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya ini.

Ternyata keinginan Rhiesky tidak sejalan pemikiran ayahnya dan ia menolak mentah-mentah keinginan putrinya karena menimbang masa depannya masih panjang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas