Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kampung Kubur Medan Sudah Terkenal Sejak 1970-an

Kampung Kubur menggeliat sebagai kampung narkoba di Kota Medan diawali dari prostitusi pinggil Sungai Babura lalu berkembang menyediakan ganja.

Penulis: Jefri Susetio
Editor: Y Gustaman
zoom-in Kampung Kubur Medan Sudah Terkenal Sejak 1970-an
Tribun Medan/Array A Argus
Penggerebekan Kampung Kubur oleh petugas gabungan Polresta Medan dan jajaran Kodam I Bukit Barisan pada Jumat (8/1/2016) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Jefri Susetio

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Pengamat sosial Universitas Sumatera Utara, Agus Suriadi, mengatakan maraknya peredaran narkoba serta lokalisasi di Kampung Kubur, Medan Petisah, sudah ada sejak 1970-an. 

"Mulanya, pada 1970-an diawali lokalisasi prostitusi murah di pinggir Sungai Babura. Kemudian, semakin berkembang adanya penyediaan narkoba seperti ganja, namun kini terus berkembang sebagai lokasi peredaran narkoba dan perjudian," kata Agus saat dihubungi Tribun Medan pada Sabtu (9/1/2016).

Peredaran narkoba sudah berlangsung selama lima generasi di Kampung Kubur mulai 1970-an, 1990-an dan 2000-an dan kini namanya identik sebagai kampung narkoba.

"Dulunya di Kota Medan maraknya prostitusi berada di pinggir sungai. Jadi prostitusi kawasan Kampung Kubur berada di pinggir Sungai Babura dan terkenal murah. Sejarahnya, memang peredaran narkoba sangat variatif," beber dia.

Kepala Bagian Operasional Polresta Medan, Komisaris Polisi Hamam Wahyudi, mengatakan para personel yang ditugaskan menduduki Kampung Kubur berjaga setiap hari di berbagai titik.

"Kalau dari Polri ada 50 personel yang akan diturunkan untuk menduduki Kampung Kubur. Penempatan personel dibagi pada empat titik atau objek untuk bebaskan Kampung Kubur dari narkoba dan perjudian," katanya Hamam saat dihubungi terpisah, Sabtu.

BERITA TERKAIT

Dari 50 personel dibagi tiga regu untuk mengamankan tiga pos, dibantu personel Dandim 02/01 BS dan Satpol PP Pemerintah Kota Medan.

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas