Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terungkap 15 Anggota Gafatar Asal Kabupaten Malang

Sebanyak 15 orang anggota Gafatar diketahui berasal dari Kabupaten Malang, mereka berasal dari Kecamatan Kromengan dan Pagelaran.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Terungkap 15 Anggota Gafatar Asal Kabupaten Malang
/
Dua badut saat didatangkan oleh KPAID Kalbar ke tempat penampungan sementara untuk menghibur anak-anak Eks Gafatar di Bekangdam XII Tajungpura, Jl Adisucipta KM 7, Kuburaya, Kalbar, Kamis (21/1/2016). Pasca pembakaran pemukiman warga Eks Gafatar di dua lokasi di kabupaten mempawah, ribuan Eks Gafatar ini di ungsikan ke Bekangdam XII Tanjungpura sejak (19/1/2016) lalu. dijadwalkan ribuan Anggota Eks gafatar ini akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing pada (22/1/2016) melalui jalur laut.TRIBUN PONTIANAK / ANESH VIDUKA 

Laporan Wartawan Surya, David Yohanes

TRIBUNNEWS.COM, KEPANJEN - Sebanyak 15 orang anggota Gafatar diketahui berasal dari Kabupaten Malang, mereka berasal dari Kecamatan Kromengan dan Pagelaran.

Data 15 warga Kabupaten Malang diketahui berdasar data Pemprov Jawa Timur, di antaranya 10 warga berasal dari Kromengan, yakni Romini, Edi Priyono (41), Yulia Minten (35), Ariswan Andri Fauzi (18), Alvio Zena Realdo (8), dan Bima Pandi Darma (3).

Tiga orang dari Desa Karangrejo, yaitu Sukirno, Suprihatin, dan Denta Mirachandra Kirana

Sedangkan enam sisanya berasal dari Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran yakni Soeharto (42), Anita Eva Nuryati (31), Edi Subagyo (18), Prasojo Aditama S (2) Prayoga Andi S (6 bulan).

Sementara tiga anak-anak yang belum diketahui secara pasti identitasnya yakni Putri (3), Kenzi (3 bulan) dan Kalla (3 bulan).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Malang, Choirul Fathoni, mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk mengetahui identitas warga Malang yang bergabung Gafatar berdasarkan nama dan alamat mereka.

BERITA TERKAIT

"Kita tunggu saja, nanti pasti ada identitas mereka by name by address. Sementara itu kita siapkan penanganannya," ujar Fathoni di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Jumat (22/1/2016).

Masih menurut Fathoni, banyak di antara anggota Gafatar yang sudah melepaskan status kependudukannya daerah asalnya, sehingga secara administrasi kependudukan bukan lagi warga Kabupaten Malang. Masalah ini bakal dibahas khusus.

Dijadwalkan pada Senin (25/1/2016) akan digelar rapat koordinasi Forum Pimpinan Daerah yang membahas penanganan terbaik bagi bekas anggota Gafatar.

"Kita libatkan Dinas Sosial, kemudian FKUB (Forum Kerukunan Umar Beragama) dan para intel. Kita siapkan sebaik-baiknya," terang Fathoni.

Ia berharap tidak ada gejolak dalam proses kepulangan bekas anggota Gafatar, sehingga tokoh masyarakat dan tokoh agama diminta terlibat dalam proses penyambutan.

Lima bulan lalu Gafatar pernah izin beraktivitas di Kabupaten Malang, namun Bakesbangpol meminta agar mereka tercatat secara resmi dan mengajukan proposal.

Setelah ditunggu, hingga kini perwakilan Gafatar tidak ada yang menindaklajuti izin tersebut. "Mereka datang baik-baik, dan sikap mereka juga humble. Tidak ada yang aneh dengan mereka," tutur Fathoni.

Kapolres Malang, AKBP Yudo Nugroho, mengaku belum mendapat laporan tentang Gafatar, namun melihat perkembangannya, mereka siap melakukan pengamanan.

Permasalahan yang mungkin timbul, sambung Yudo, adalah sikap warga sekitar dan jangan sampai terjadi penolakan yang  berujung pada kekerasan.

"Kalau rumahnya terlanjur dijual, mereka akan tinggal di mana? Terus apakah warga sekitar bisa menerima mereka kembali. Itu harus dipikirkan," sambung Yudo.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas