Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demonstran Kota Makassar Desak Pemerintah Nasionalisasi PT Freeport

Komite Pimpinan Kota Partai Rakyat Demokratik (KPK-PRD) menuntut Pemerintah Indonesia menasionalisasi PT Freeport.

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Y Gustaman
zoom-in Demonstran Kota Makassar Desak Pemerintah Nasionalisasi PT Freeport
Tribun Timur/Fahrizal Syam
Aktivis KPK-PRD berunjuk rasa di bawah jembatan layang di Jalan Urip Sumihardjo, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (9/2/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Komite Pimpinan Kota Partai Rakyat Demokratik (KPK-PRD) menuntut Pemerintah Indonesia menasionalisasi PT Freeport, perusahaan tambang terbesar di Indonesia.

Wakil Ketua I KPK-PRD Makassar, Ade Zainal Muttaqien, mengatakan PT Freeport telah banyak melakukan pelanggaran selama beroperasi di Indonesia.

"Salah satunya yaitu perusahaan penambangan mineral dan batubara yang sudah berproduksi wajib membuat fasilitas pemurnian hasil penambangan atau smelter dalam jangka lima tahun. Kenyataannya, hingga saat ini tidak pernah ada yang dibangun," ungkap Ade.

Ade juga mengatakan, selama ini hasil tambang Freeport tak menyejahterahkan rakyat, justru hanya menguntungkan pihak asing. "Padahal keberadaan PT Freeport sudah bertahun-tahun," imbuh dia.

Aktivis KPK-PRD menggelar unjuk rasa di bawah jembatan layang di Jalan Urip Sumihardjo, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (9/2/2016).

Para pengunjuk rasa yang didominasi Ibu-ibu ini membawa bendera dan spanduk berisikan tuntutan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Manado
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas