Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tugu Pal Putih Yogyakarta Jadi Konsentrasi Memantau Gerhana Matahari Sebagian

BMKG Yogyakarta akan memusatkan pengamatan gerhana matahari sebagian pada Rabu (9/3/2016) di Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Penulis: Khaerur Reza
Editor: Y Gustaman
zoom-in Tugu Pal Putih Yogyakarta Jadi Konsentrasi Memantau Gerhana Matahari Sebagian
Tribun Jogja/Hamim
Tugu Pal Putih, simbol Kota Yogyakarta. 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - BMKG Yogyakarta akan memusatkan pengamatan gerhana matahari sebagian pada Rabu (9/3/2016) di Tugu Pal Putih Yogyakarta.

"Kita pusatkan di tugu, kita juga menggandeng pemkot Yogyakarta, taman pintar serta komunitas astronomi," ujar Kepala BMKG Yogyakarta, Tony Agus Wijaya di Hotel Royal Mabarukmo, Sleman, Senin (7/3/2016).

BMKG akan menyiapkan sebuah lensa teropong yang nantinya akan tersambung ke perangkat komputer dan akan masuk ke streaming website BMKG pusat di ww.bmkg.go.id.

"BMKG di seluruh Indonesia mengamati di 20 titik semuanya ditayangkan langsung melalui video streaming di website kita, termasuk di Yogyakarta, di Tugu Pal Putih bisa dinikmati seluruh masyarakat," tambah dia.

Di videotron yang ada di kawasan Tugu Pal Putih juga akan menyiarkan secara langsung kondisi 20 titik yang menjadi pusat pemantauan BMKG.

Selain teropong milik BMKG nantinya akan ada empat buah teropong milik Taman Pintar Yogyakarta yang dapat digunakan masyarakat untuk mengamati gerhana yang diperkirakan berlangsung selama 2 jam 15 menit.

BERITA TERKAIT

Kendati BMKG Yogyakarta memusatkan kegiatan pemantauan di kawasan Tugu Pal Putih, namun beberapa tempat lain sudah menyatakan siap mengadalan pemantauan Gerhana Matahari seperti Masjid Gede Kauman Yogyakarta yang bekerjasama dengan Jogjakarta Astro Club (JAC) dan UMY.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas