Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Alex Noerdin Sambut Baik Sumsel Jadi Model Sport Tourism

Gubernur Sumsel Alex Noerdin ini sukses menyulap Jakabaring Sport City yang sebelumnya berlumpur, banjir

Alex Noerdin Sambut Baik Sumsel Jadi Model Sport Tourism
ist
Alex Noerdin 

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumsel Alex Noerdin ini sukses menyulap Jakabaring Sport City yang sebelumnya berlumpur, banjir dan sering dicap sebagai “tempat jin buang anak.”

Dalam hitungan bulan, rawa berair cokelat, mirip kubangan besar dan sarang buaya itu sudah berubah bentuk menjadi venues berbagai cabang olahraga dengan standar internasional. Ada aquatic swimming pool –yang terbaik di Indonesia--, tenis court, stadion sepak bola, arena water sport, semua siap pakai.

Olympic Council of Asia (OCA), lembaga yang memferivikasi vanue datang ke Palembang dan merekomendasi ok, lolos menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games.

Jika melihat timeline, semua pihak sudah geleng-geleng kepala, hampir tidak masuk akal, memobilisasi bahan dan alat, ke lokasi itu saja sudah memakan waktu. Dalam hal infrastruktur, Gubernur Alex punya pengalaman.

Karena itu, jika diserahkan ke Sumsel, orang yakin MotoGP akan punya sirkuit sendiri.

“Terima kasih atas kepercayaan Pak Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sumsel menjadi model sport tourism nasional,” kata Alex Noerdin.

Reputasi membuat even olahraga internasional, memang tidak perlu diragukan lagi. Sebenarnya itu adalah komitmen Alex Noerdin yang tahun 2011 lalu sudah mencanangkan Sumsel sebagai pusatnya event olahraga nasional.

“Triboatton tahun 2016 ini adalah kali ke lima, digelar 11-15 Mei di 4 kabupaten 1 kota, dibagi dalam 5 etape, dengan panjang lintasan 523 kilometer. Dari tahun ke tahun pelaksanaannya semakin berkualitas, semakin bagus dan makin terekspose,” ucap Gubernur Alex Noerdin.

Triboatton itu adalah gabungan tiga cabang olahraga air, rafting atau arung jeram, kayak, traditional boat. Yang sering menjadi masalah dalam Triboatton adalah air sungai Musi. Di musim hujan, airnya berlimpah, bahkan terlalu deras.

Sebaliknya di musim kemarau, debit airnya menyusut.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas