Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kakak dan Ayah Siyono Dipanggil Polisi Setelah Ada Pengumuman Hasil Otopsi

Sehari setelah pengumuman hasil autopsi jenazah Siyono di Jakarta, dua anggota keluarga warga Desa Pogung itu dipanggil polisi.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Kakak dan Ayah Siyono Dipanggil Polisi Setelah Ada Pengumuman Hasil Otopsi
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas (kedua kiri), Ketua tim dokter forensik dr Gatot Suharto SpF (kiri) serta dua Komisioner Komnas HAM Siane Indriani (kedua kanan) dan Hafid Abbas menunjukkan foto autopsi jenazah terduga teroris asal Klaten, Siyono di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (11/4/2016). Hasil autopsi diantaranya yaitu sebelumnya belum pernah dilakukan autopsi terhadap jenazah dan kematian Siyono disebabkan benda tumpul yang dibenturkan ke bagian rongga dada hingga membuat tulang dada patah ke arah jantung. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Reporter Tribun Jogja Padhang Pranoto

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN - Sehari setelah pengumuman hasil autopsi jenazah Siyono di Jakarta, dua anggota keluarga warga Desa Pogung itu dipanggil polisi.

Selasa siang (12/4/2016), kakak Siyono, Wagiyono dan sang ayah Marso diundang ke kantor polisi setempat.




Kapolres Klaten AKBP Faizal membenarkan hal tersebut.

Namun demikian, pemanggilan itu hanya sebagai proses permintaan keterangan dan pihaknya hanya mendapatkan perintah dari Mabes Polri.

"Iya benar, hanya dipanggil untuk diminta keterangan saja. Untuk hal itu cukup dilakukan di Polsek (Cawas). Kami (Polres Klaten) hanya dimintai untuk menyediakan tempat dan menyampaikan surat. Untuk pemeriksanya dari pusat (Mabes Polri) bukan dari kita (Polres Klaten)," katanya, Selasa sore.

Faizal tidak memberikan keterangan detil mengenai materi yang ditanyakan.

BERITA TERKAIT

Pada intinya, pemanggilan itu hanya bersifat pelengkapan keterangan untuk kesaksian.

"Tidak apa-apa kok, cuma dimintai keterangan saksi. Cuma masalah kecil saja nanti dibesar-besarkan. Saya gak mengerti, pokoknya kita hanya menyerahkan surat saja. Saya ini juga masih di luar kota," tutur Kapolres.

Penelusuran Tribun Jogja, pada saat pemanggilan Wagiyono dan Marso, keduanya tidak sendiri.

Ada dua tim advokasi yang mendampingi mereka.

Satu diantaranya adalah Bambang Sukoco Ketua Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Menurutnya, kedatangannya di Dusun Brengkungan, Desa Pogung, Kecamatan Cawas ada dua agenda.

Yakni memberitahukan hasil autopsi Siyono dan mendampingi keluarga almarhum dalam pemanggilan sebagai saksi dihadapan polisi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas