Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Dewan Nasional Walhi, Ini yang Akan Dilakukan Gendo

Dalam PNLH Walhi XII yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, I Wayan 'Gendo' Suardana terpilih sebagai Dewan Nasional Walhi.

Penulis: I Made Ardhiangga
Editor: Sugiyarto
zoom-in Jadi Dewan Nasional Walhi, Ini yang Akan Dilakukan Gendo
Kompas.com/Firmansyah
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR – Dalam Pertemuan Nasional Lingkungan Hidup (PNLH) Walhi XII yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, I Wayan 'Gendo' Suardana terpilih sebagai Dewan Nasional Walhi.

Menjadi salah satu Dewan Nasional Walhi, Wayan Suardana atau akrab dipanggil Gendo menuturkan terpilihnya dirinya sebagai salah satu Dewan Nasional merupakan sejarah Walhi sendiri.

“Ini baru pertama kali ada wakil dari Bali yang menjabat Dewan Nasional semacam menjadi representatif dari anggota atau model sebagai fungsi legislatif,” ucapnya, Jumat (29/4/2016).

Selain Gendo, juga ada Yaya Nur Hidayati selaku Direktur Nasional Walhi.

Sedangkan untuk Dewan Nasional dipilih Mualimin Pardi Dahlan, Bambang Catur Nusantara, Azmi Sirajudin Risma Umar.

Lebih lanjut, Gendo yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Daerah Walhi Bali ini mengatakan pekerjaan rumah setelah terpilih cukup banyak, diantarnya terkait dengan reklamasi di Indonesia.

“Ada belasan wilayah yang di Indonesia yang berhadapan dengan reklamasi, dan ini mesti dicermati dan dikritisi,” terangnya.

BERITA TERKAIT

Selain soal reklamasi di Indonesia, permasalahan Industri bagi lelaki asal Ubud, Gianyar ini juga perlu diawasi dari berbagai sisi, seperti halnya terkait permasalah hutan, perkebunan skala besar dan tambang.

Namun bagi Koordinator ForBALI ini, pekerjaan rumah terbesar adalah advokasi di sektor pulau-pulau kecil termasuk reklamasi.

“Untuk itu, saya berharap, dengan adanya saya di Dewan Nasional ini dapat menguatkan isu dan gerakan di daerah-daerah khususnya di Indonesia Timur,” tutupnya. (ang)

Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas