Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tower Jawa Bali Crossing Bakal Jadi Obyek Wisata Baru Banyuwangi

Rencananya tower Jawa Bali Crossing untuk wilayah Jawa terletak di Watudodol Banyuwangi. Tower ini ke depan bakal menjadi destinasi wisata baru.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Tower Jawa Bali Crossing Bakal Jadi Obyek Wisata Baru Banyuwangi
Surya/Haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullan Azwar Anas, menerima rombongan PT PLN yang dipimpin Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali, Amin Subekti, membahas rencana pembangunan Jawa Bali Crossing, Kamis (2/6/2016). 

Laporan Wartawan Surya, Haorrahman

TRIBUNNEWS.COM, BANYUWANGI - Perusahaan Listrik Negara mulai serius membangun Jawa-Bali Crossing, transmisi listrik ekstra tinggi Jawa-Bali.

Pihak PLN menemui Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, untuk realisasi program tersebut di Pemkab Banyuwangi, Kamis (2/6/2016).




Rencananya tower Jawa Bali Crossing untuk wilayah Jawa terletak di Watudodol Banyuwangi. Tower ini ke depan bakal menjadi destinasi wisata baru.

"Nantinya akan dibangun tower yang bisa menjadi destinasi wisata baru," kata Anas.

Menara Eiffel sendiri memiliki tinggi 325 meter. Sehingga, dengan tinggi Tower Jawa Bali Crossing yang mencapai 376 meter, akan lebih tinggi dari Menara Eifel.

Jawa Bali Crossing merupakan mega proyek PLN yang ditargetkan rampung akhir 2018 atau awal 2019. Ini merupakan pertama di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Sementara satu tower di Bali bakal dibangun di Segara Rupek, Kabupaten Jembrana, Bali. Pemkab Bali kemarin menyampaikan sedang membentuk panitia pembebasan lahan.

"Tower ini lebih tinggi dari Menara Eiffel di Paris," kata Anas.

Saat pertemuan dengan PLN, Anas mengatakan, nantinya akan dibangun lift, agar bisa digunakan oleh masyarakat untuk tempat wisata.

"Kami dorong untuk menjadi destinasi wisata baru. Minimal bisa selfie atau melihat Banyuwangi dari tempat yang tinggi," kata Anas.

Selain dibangun lift, juga akan dibangun museum energi yang bisa difungsikan untuk edukasi. Anas mengatakan, semua proyek yang ada di Banyuwangi akan didorong mengarah ke destinasi wisata.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali, Amin Subekti, mengatakan kedatanganya menemui Anas untuk pengurusan izin dan kebutuhan lainnya.

"Saat ini lagi persiapan-persiapan, termasuk mengurus izin," kata Amin.

Halaman
12
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas