Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gerabah dan Arca Budha Abad 6 Masehi Ditemukan di Pemukiman Warga Kota Jambi

Dia mengungkapkan aliran sungai tempat patung Budha ditemukan adalah bagian dari aliran sungai Batanghari yang nantinya menghubungkan ke Danau Sipin.

Editor: Wahid Nurdin
zoom-in Gerabah dan Arca Budha Abad 6 Masehi Ditemukan di Pemukiman Warga Kota Jambi
TRIBUNJAMBI/HANIF BURHANI
Penemuan Arca Mahayana Oleh warga Mayang kelurahan Bagan Pete, Kota Jambi, Jumat (18/6/2016). 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Andika Arnoldi

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Warga Mayang kelurahan Bagan Pete, Kota Jambi dihebohkan dengan penemuan benda - benda bersejarah berupa arca dan 7 benda lainnya.

Menariknya, benda - benda ini ditemukan di tempat dan waktu yang berbeda namun masih dalam kawasan yang sama yaitu kelurahan Bagan Pete.

Arca

Tak hanya itu. Seolah tidak disangka, Bambang baru saja bercengkerama dengan teman - temannya soal dongeng stupa yang berada di Candi Borobudur, jika menyentuh hidungnya maka apapun keinginan kita akan di penuhi.

" Pas kebetulan saya berjalan ke sebuah anak sungai kenali saat itu kering, tak disangka melihat arca Budha yang sedang telungkup di pinggir sungai itu," ujar Bambang saat ditemui di kediamannya, Sabtu (18/6/2016).

Secara bentuk, patung Budha ini berwarna hitam setinggi lebih kurang 20 centimeter, dengan gaya duduk bersila di atas teratai dengan sikap tangan bertapa.

BERITA TERKAIT

Arca

Jika di pegang patung ini tidak terlalu keras seperti terbuat dari pasir namun tetap kokoh.

Mulanya, Bambang tak percaya dengan temuannya itu, setelah doa bertanya - tanya dengan kerabat dan tetangga akhirnya dia menyimpan patung tersebut.

Tak hanya patung Budha, Bambang juga menemukan benda - benda yang diduga bernilai sejarah seperti mangkuk - mangkuk keramik yang diduga peninggalan Kerajaan Cina.

Serta ditemukan mangkuk pedupaan yang bertuliskan huruf Cina yang diduga peninggalan Dinasti.

Arca

"Saya pernah mencoba meletakkan racun ikan ke dalam mangkuk bertuliskan Cina dan juga saya masukan ikan ke dalamnya, ternyata ikan itu bisa hidup 25 menit," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas