Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Abu Vulkanik Gunung Bromo Menyebar ke Malang, Penutupan Bandara Abdul Rachman Saleh Diperpanjang

Penutupan Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang diperpanjang lagi oleh otoritas bandara karena sebaran abu vulkanik Gunung Bromo.

Penulis: Anita K Wardhani
zoom-in Abu Vulkanik Gunung Bromo Menyebar ke Malang, Penutupan Bandara Abdul Rachman Saleh Diperpanjang
SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
Seorang penumpang mengurus penukaran tiket di loket Maskapai Garuda Indonesia di Bandara Abdulrachman Saleh, Sabtu (4/6/2016). Bandara ini ditutup karena ada pesawat militer yang bermasalah di landasan pacu. 

TRIBUNNEWS.COM, MALANG - Penutupan Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang Provinsi Jawa Timur diperpanjang lagi oleh otoritas bandara karena sebaran abu vulkanik Gunung Bromo membahayakan penerbangan pesawat.

Bandara Malang ditutup lagi pada Sabtu (16/07/2016) pukul 08:46 WIB hingga Minggu (17/07/2016) pukul 09.00 WIB.

Dengan demikian 10 penerbangan ke bandara Malang dan dari Malang tidak dapat beroperasi.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam rilisnya kepada Tribunnews.com, menyebutkan adanya angin ke arah Barat Daya hingga ke Utara menyebabkan sebaran abu vulkanik Gunung Bromo menyebar ke arah Malang dan berisiko tinggi untuk keselamatan penerbangan sipil.

"Kondisi bandara Malang yang dekat dengan gunungapi Bromo, Semeru, Raung dan lainnua memang berisiko tinggi terkena dampak erupsi gunungapi tersebut," kata Sutopo.

Aktivitas vulkanik Gunung Bromo pada Sabtu pagi (16/7/2016) berdasarkan pengamatan PVMBG terlihat asap kawah teramati putih, kelabu, kecoklatan, sedang-tebal.

Tekanan lemah-kuat, ada tinggi asap berkisar 200-900 meter dari puncak kawah ke arah Barat daya-utara. Terdengar suara gemuruh lemah-kuat.

BERITA REKOMENDASI

Teramati sinar api. Tremor menerus dengan aplitudo maksimum dominan 2 mm.

Status tetap Waspada (level II). Aktivitas vulkanik masih labil diperkirakan masih akan terus erupsi dalam beberapa hari ke depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas