Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

1000 Kosa Kata Daerah di NTT Bakal Memperkaya KBBI

Kantor Bahasa Provinsi NTT sedang mengumpulkan 1000 bahasa daerah guna memperkaya kosa kata di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Editor: Y Gustaman
zoom-in 1000 Kosa Kata Daerah di NTT Bakal Memperkaya KBBI
Pos Kupang/John Taena
Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Valentina Lovina Tanate, saat ditemui Pos Kupang di ruang kerjanya, Jumat (29/7/2016). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, John Taena

POS KUPANG.COM,KUPANG - Marapu dari bahasa Kambera, Sumba Timur, dan dureng dari Manggarai, adalah contoh kosa kata bahasa daerah yang diserap ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

"Sekarang ini kami sedang mengumpulkan dan menerjemahkan 1000 kosa kata bahasa daerah yang sudah harus segera dikirim ke pusat dalam waktu dekat," ujar Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Valentina Lovina Tanate kepada Pos Kupang di ruang kerjanya, Jumat (29/7/2016).

Tanate menjelaskan, selain bertugas melindungi, kantor bahasa harus mengumpulkan dan menerjemahkan 1000 kosa kata bahasa daerah. Tujuannya untuk memperkaya Kamus Besar Bahasa Indonesia.

"Itu memang program dari badan bahasa untuk menyerap bahasa daerah yang belum tercantum di dalam bahasa indonesia," kata Tanate.

Marapu, sasando, komodo dan dureng adalah sejumlah kosa kata bahasa daerah dari NTT yang sudah diserap ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Dureng, kata Tanate, adalah musim hujan di Manggarai, marapu adalah bahasa Kambera di Sumba Timur. Kosa kata daerah yang sudah diserap ke dalam kamus di antaranya sasando, komodo, dureng dan marapu.

BERITA TERKAIT
Sumber: Pos Kupang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas