Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pola Kemitraan Peternak Ayam Potong Rawan Permainan

Pola kemitraan peternak ayam pedaging disoroti dan diawasi oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia.

Pola Kemitraan Peternak Ayam Potong Rawan Permainan
Warta Kota/Banu Adikara

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA – Pola kemitraan peternak ayam pedaging disoroti dan diawasi oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia.

Pola kemitraan ini adalah perusahaan (inti) dengan peternak (plasma).

Komisioner KPPU, Kamser Lumbanradja mengatakan bahwa yang terjadi saat ini peternak yang bermitra cenderung hanya sebagai pelaku budi daya saja, sementara itu untuk masalah pembeli, peternak tidak ikut campur tangan.

Perusahaan mengontrol penuh hal ini.

“Yang berhubungan dengan pembeli atau broker itu bukan peternak. Jadi si peternak adalah pihak yang buta tentang harga, tetapi intinya tau persis, karena mereka yang melepaskan,” ujarnya belum lama ini.

Peternak dalam hal ini menurut Kamser bisa sangat dirugikan karena tidak mengetahui harga.

Seperti diketahui, harga di kandang bisa memiliki margin yang sangat jauh dengan harga yang di pasar. Saat harga pasar tinggi belum tentu harga di kandang terdongkrak.

“Itu yang rawan akan permainan, kenapa kita yang peternak tidak tau omsetnya dan harga hari ini, karena tidak ikut bernegosiasi harga. Lama-lama mereka gak berani nanya lagi,” lanjutnya.

Pola kemitraan ini oleh KPPU tengah disorot, untuk mengetahui apakah berlaku dengan fair dan dengan penuh keterbukaan. Terlebih tentang kemitraan hal tersebut sudah diatur di Undang-Undang No 20 Tahun 2008 tentang UMKM.

Dan pengawasan dalam hal ini menurut Kamser adalah domain dari KPPU.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas