Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua MPR Minta Akademisi Aktif Memberi Aspirasi Terkait Haluan Negara

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya haluan negara bagi pembangunan bangsa agar terarah dan berkesinambungan.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Ketua MPR Minta Akademisi Aktif Memberi Aspirasi Terkait Haluan Negara
Istimewa
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam diskusi kebangsaan mengangkat tema 'Reformulasi Perencanaan Pembangunan Nasional Model GBHN' di IAIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Rabu (21/9/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya haluan negara bagi pembangunan bangsa agar terarah dan berkesinambungan.

Hal ini disampaikan Zulkifli dalam diskusi kebangsaan yang mengangkat tema 'Reformulasi Perencanaan Pembangunan Nasional Model GBHN' di IAIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Rabu (21/9/2016).

"Kita harus memiliki perencanaan yang baik dan matang untuk melaksanakan pembangunan nasional dengan sebaik-baiknya," ujar Zulkifli.

"Kita tidak boleh membiarkan perkembangan dan perubahan masyarakat nasional berjalan sendiri di tengah gempuran globalisasi."

Turut hadir pimpinan dan anggota Badan Pengkajian MPR RI Rambe Kamarul Zaman, Mujib Rohmat, Ali Taher, Wakil Rektor III IAIN Raden Intan Prof. Saiful Anwar, seluruh civitas akademika serta mahasiswa peserta diskusi.

Menurut Zulkifli, haluan negara yang didasari nilai luhur dan dijiwai Pancasila, dipandang penting untuk mengarahkan pembangunan nasional berjalan secara komperhensif, menyeluruh, terukur dan berkelanjutan.

Indonesia saat ini menghadapi tantangan besar untuk membangun pemerintahan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang adil dalam penyelenggaraan pemerintah di tingkat pusat atau daerah.

BERITA TERKAIT

"Haluan negara dipandang penting bagi pembangunan nasional hari ini dan masa yang akan datang, tidak saja mengingat proses-proses pembangunan nasional memerlukan panduan arah dan strategi," ia menambahkan.

Zulkifli mengajak universitas ikut aktif memberi masukan terkait haluan negara yang tengah disusun MPR RI. Ia juga berharap kampus dapat mempersipakan mahasiswanya dengan bekal ilmu yang cukup untuk membangun bangsa ini lebih baik lagi ke depannya.

"Kita keliling Indonesia datang ke kampus-kampus meminta pendapat seperti apa yang diperlukan haluan negara ini," kata Zulkifli.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas