Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Waspada, 2.024 Desa di Jateng Masuk Kategori Rawan Bencana

Jawa Tengah memiliki 2.024 desa masuk kategori rawan bencana. Semua pihak maksimal mengantisipasi dan tanggap bencana.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Waspada, 2.024 Desa di Jateng Masuk Kategori Rawan Bencana
TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA
Sebuah mobil terbalik karena terseret material longsor di Kabupaten Garut, Rabu (21/9). Banjir bandang yang melanda Garut terjadi pada Selasa (20/9) malam yang sebelumnya terjadi hujan deras di sebagian wilayah Jawa Barat. Jumlah sementara warga yang meninggal 20 orang. TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jawa Tengah memiliki 2.024 desa masuk kategori rawan bencana. Semua pihak maksimal mengantisipasi dan tanggap bencana.

"Di Jateng ada beberapa daerah rawan tsunami di antaranya Kabupaten Cilacap, Kebumen dan Purworejo," ujar anggota Komisi E DPRD Jateng, Rusman Abdullah, Jumat (30/9/2016).

Sinergi semua pihak dibutuhkan meminimalisir kerugian akibat bencana. Mengingat sejumlah sungai besar di Jateng rawan banjir. Bahkan ada 2.024 dari 7.809 desa di Jateng masuk kategori rawan longsor.

Politikus PKS ini mengimbau masyarakat mulai waspada dan memahami potensi-potensi bencana di lingkungannya. Mereka juga terus memantau sistem peringatan dini yang dipasang pemerintah.

"Peran masyarakat yang bisa dilakukan adalah membuat sumur resapan air. Cara ini selain bisa mengurangi volume air yang mengalir ke sungai, dapat juga menjaga kestabilan air tanah,” kata dia.

Berdasar data Badan Nasional Penanggulangan Bencana per Agustus 2016 ada 32 dari 35 daerah di Jateng memiliki indeks rasio bencana (IRB) cukup tinggi, yakni di wilayah selatan.

BERITA TERKAIT

Wilayah dimaksud di antaranya Cilacap 123 bencana, Banyumas 84 bencana, Purbalingga 33 bencana, Banjarnegara 21 bencana, Kebumen 38 bencana dan Purworejo 28 bencana.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai logistik bantuan untuk korban bencana alam agar penanganannya tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Logistik dan sebagainya sudah siap semua, ketika bencana terjadi Anda boleh cek di lapangan, BPBD, Tagana, dan pemkab (semua) turun," kata Ganjar.

Upaya-upaya pengurangan risiko bencana dilakukan semua pihak terkait, terutama di daerah-daerah rawan bencana. Mitigasi bencana ini memanfaatkan kearifan lokal di masing-masing daerah.

"Diharapkan sekarang lebih banyak peringatan dini karena kita tidak pernah tahu kapan bencana terjadi," ujar Ganjar.

Mengantisipasi datangnya bencana alam di berbagai daerah, Pemprov Jateng telah meningkatkan koordinasi dengan BPBD kabupaten atau kota, Tagana, dan berkirim surat ke para bupati dan wali kota untuk bersiaga.

Pada 4 Oktober mendatang, BPBD Jateng akan menggelar rapat koordinasi dengan BNPB dan BPBD kabupaten atau kota se Jateng. Mereka juga diminta menyiapkan siaga darurat mulai awal Oktober.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas