Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nyaris Tak Terekspose, Ini Sosok Tentara yang Jago Masak di Balik Kesuksesan Gudeg Yu Djum

Lambat laun akhirnya mereka mampu menyewa sebuah kios di kawasan Mbarek dan mematenkan tren gudeg kering.

Penulis: Khaerur Reza
Editor: Wahid Nurdin
zoom-in Nyaris Tak Terekspose, Ini Sosok Tentara yang Jago Masak di Balik Kesuksesan Gudeg Yu Djum
TRIBUN JOGJA/KHAERUR REZA
Suasana duka terlihat di warung pusat Gudeg Yu Djum yang ada di Mbarek Karangasem Depok Sleman Selasa (15/11/2016) pagi. Orang-orang berdatangan, begitu pula karangan bungan duka cita terlihat di sepanjang gang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Butuh perjuangan panjang dan lama hingga kini Gudeg Yu Djum menjadi salah satu maestro gudeg di Yogyakarta, Djuwariyah Darmosumarno atau Yu Djum sudah memulai usahanya sejak tahun 1950an.

Cucu pertama Yu Djum, Sigit Alfianto menceritakan perjuangan neneknya dimulai sejak tahun 1950an, saat itu kondisi perekonomian masih buruk Yu Djum juga sempat bekerja macam-macam seperti mencari kayu dan daun di sekitar Bulaksumur untuk dijual kepada pemilik ternak.

Beranjak tahun Yu Djum kemudian mulai berjualan gudeg keliling dengan gendongan mulai kawasan Bulaksumur yang kini jadi kawasan UGM hingga kawasan Wijilan Yogyakarta.

"Keliling setiap pagi, kalau tidak habis agak siang dibungkusi dan dititipkan di warung-warung di pasar gede sana," ceritanya Selasa (15/11/2016).

Lambat laun akhirnya mereka mampu menyewa sebuah kios di kawasan Mbarek dan mematenkan tren gudeg kering.

Kekuatan menjaga kualitas dan resep yang sudah bertahan puluhan tahun dimana kadang Yu Djum masih turun sendiri membuat Gudeg Yu Djum mendapatkan tempat tersendiri di kalangan pecinta kuliner Yogyakarta.

BERITA TERKAIT

Namun dibalik semua kesuksesannya ternyata ada kisah yang jarang diketahui publik bahwa peran sang suami yaitu Suwandi Dharmosuwarno juga tidak kalah besar.

Suwandi yang semasa hidup merupakan anggota TNI tersebutlah yang awalnya sering memasak gudegnya sebelum dibawa keliling oleh Yu Djum.

"Nah selama ini memang peran Mbah Kakung agak kurang diekspos padahal dulu yang memasak ya beliau, tapi Mbah Putri yang jualan. Mbah Kakung ini dulu tentara yang memang ternyata pintar memasak, bisa dibilang beliau malah di balik dapur Gudeg Yu Djum," ujarnya.

Saat ini sendiri Gudeg Yu Djum sudah memiliki 12 cabang yang dikelola anak dan cucunya, lokasinya sendiri tidak hanya ada di Yogyakarta namun hingga ke Solo Jawa Tengah.

Yu Djum yang meninggal Senin (14/11/2016) sore di RS Bethesda Yogyakarta meninggalkan 3 orang anak dan belasan cucu serta cicit. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas