Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tampil Modis Mengaku LSM Mitra KPK, Ujungnya Memeras Kepala Desa

Tampang necis, mengaku LSM sebagai mitra KPK atau Kementerian desa, ujung-ujungnya memeras kepala desa agar membagi jatah dana desa.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Tampil Modis Mengaku LSM Mitra KPK, Ujungnya Memeras Kepala Desa
Surya/David Yohanes
Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Malang, Ziaulhaq. SURYA/DAVID YOHANES 

Laporan Wartawan Surya, David Yohanes

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN – Sejumlah lembaga swadaya masyarakat gencar mengunjungi desa-desa di Kabupaten Malang, tapi ujung-ujungnya memeras kepala desa.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Malang, Ziaulhaq, mengaku menerima banyak keluhan kepala yang menyoal orang yang mengaku LSM mitra KPK dan Kementerian Desa tapi meminta uang.

"Banyak kepala desa yang tidak paham kerja LSM. Mereka ketakutan. Sebab rata-rata penampilan mereka meyakinkan, mirip aparat penegak hukum,” ujar Zia kepada Surya Malang, Selasa (7/2/2017).

Anggota LSM ada yang terang-terangan meminta uang tunai, ada pula yang minta dianggarkan dari Dana Desa atau Anggaran Dana Desa.

Para kepala desa beralasan ada kewajiban untuk mengalokasikan dana desa dan anggaran dana desa untuk LSM mitra KPK atau mitra Kemendes.

Zia berharap ada tindakan tegas apara penegak hukum terhadap mereak. Apalagi kini ada Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar di Kabupaten Malang.

BERITA TERKAIT

“Saya minta para kades berani mengubungi Satgas Saber Pungli kalau ada yang mengaku LSM, tapi ujung-ujungnya memaksa minta uang. Saya berani pastikan LSM itu abal-abal,” tegas Zia.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas