Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Badan Geologi Cari Sungai Bawah Tanah di Karst Kendeng

Badan Geologi meneliti karst Kendeng selama enam bulan untuk mengetahui apakah situs tersebut dilindungi atau bisa ditambang.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Y Gustaman
zoom-in Badan Geologi Cari Sungai Bawah Tanah di Karst Kendeng
Tribun Jabar/Teuku Muh Guci S
Kepala Badan Geologi, Ego Syahrial, melihat pameran hasil penelitian dan penyelidikan Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi pada 2016 di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (6/4/2017). TRIBUN JABAR/TEUKU MUH GUCI S 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Badan Geologi meneliti karst Kendeng selama enam bulan untuk mengetahui apakah situs tersebut dilindungi atau bisa ditambang.

Kepala Badan Geologi, Ego Syahrial, mengatakan riset tersebut dilakukan mendalam dan terperinci menyusul terjadinya pro dan kontra terkait penambangan karst Kendeng.

Ia mengatakan riset yang dilakukan Badan Geologi untuk mencari sungai bawah tanah yang berada di wilayah karst Kendeng, Jawa Tengah.

"Sungai bawah tanah itu salah satu kriteria untuk menentukan apakah karst wajib dilindungi atau tidak," kata Ego di kantor pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (6/4/2017).

Diakui Ego, riset tersebut merupakan permintaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 3 Februari 2017.

Pihaknya telah melakukan penelitian awal karst Kendeng riset pada 16 sampai 24 Maret 2017. Berdasarkan hasil penelitian pihaknya belum menemukan sungai bawah tersebut.

BERITA TERKAIT

"Belum ditemukan bukan berarti tidak ada karena memang areanya sangat luas," Ego menambahkan.

Tim riset sudah mulai mengumpulkan data sekunder. Rencananya minggu depan akan ada mengumpulkan data dari pihak yang mengetahui informasi tentang karst Kendeng.

"Mari kita sama-sama buktikan. Kalau ada (sungai bawah tanah) ya nyatakan ada," kata Ego.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas