Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bupati Tabanan Raih Penghargaan INews Maker Awards 2017: Sukses Kembangkan Sektor Pertanian

Ada kerjasama dengan Jepang untuk mengadakan penyuluhan pertanian dan peralatan tani seperti pembangkit listrik tenaga air, pupuk dan peralatan tani

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bupati Tabanan Raih Penghargaan INews Maker Awards 2017: Sukses Kembangkan Sektor Pertanian
IST
Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dinobatkan sebagai Tokoh Pengembang Program Pertanian dalam ajang iNews Maker Award 2017 di Plenary Hall, MNC News Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2017) malam. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dinobatkan sebagai Tokoh Pengembang Program Pertanian dalamajang iNews Maker Award 2017 di Plenary Hall, Gedung MNC News Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2017) malam.

Penghargaan itu merujuk pada keberhasilan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Tabanan.

Dalam keterangannya, Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti mengaku kesejahteraan petani di wilayahnya memang menjadi perhatian dan komitmen terbesar dirinya.

"Jadi kalau petani kita sejahtera dan di angkat derajat hidupnya, tentunya masyarakat kita yang mayoritas petani ini akan mendapatkan keadilan dalam kesejahteraan. Karena itu dengan penghargaan ini, menjadi motivasi untuk kita semua tidak hanya di Tabanan saja tapi di Indonesia," ujar Eka.

Sektor pertanian Tabanan kini mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak.

Satu di antara bentuk kerjasama tersebut adalah jalinan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dengan Jepang untuk mengadakan penyuluhan pertanian dan peralatan tani seperti pembangkit listrik tenaga air, pupuk dan peralatan pertanian lainnya.

“Kami sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Toyama, Jepang, melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel yang diharapkan Jatiluwih bisamenjadi lumbung padi terbesar di Bali,” katanya.

BERITA TERKAIT

Bupati Eka menyebut akan terus meningkatkan pertanian menjadi sektor pariwisata dengan dibangunnya desa-desa wisata di Tabanan.

Artinya, wilayah pertanian akan menjadi destinasi para turis dan masyarakat bisa menjadi pelaku ekonomi.

"Jadi kita harus seimbangkan apa yang ada dari sektor alam, sektor pendapatan mereka dari sektor petani ini juga cukup menjanjikan. Kenapa di Jepang petani bisa jalan-jalan ke Bali? Kenapa petani Bali enggak bisa jalan-jalan? Enggak usah jauh-jauh, ke Malaysia kek? Jadi harapan saya ke depan pendapatan petani kita bisa meningkat," ujarnya.

Atas inovasi tersebut, Bupati Eka juga berharap pendapatan per kapita dalam sektor pertanian di Tabanan akan terus meningkat.

“Kemarin sudah bagus sekali peningkatanekonominya kita 6,4 persen per tahun dan mudah-mudahan ke depannya lebih baik lagi,” ujar Eka.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas