Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kembali Batuk, Warga Dilarang Mendekati Gunung Sinabung

Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, kembali menyemburkan debu vulkanik setinggi 3500 meter.

Penulis: Array Anarcho
Editor: Y Gustaman
zoom-in Kembali Batuk, Warga Dilarang Mendekati Gunung Sinabung
Dokumentasi BPBD Tanah Karo
Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, kembali menyemburkan debu vulkanik setinggi 3500 meter. DOKUMENTASI BPBD TANAH KARO 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, kembali menyemburkan debu vulkanik setinggi 3500 meter.

"Kami mengimbau masyarakat dan wisatawan tidak mendekati Gunung Sinabung dalam radius tertentu," ungkap Kepala Bidang Darurat BPBD Tanah Karo, Natanel, Kamis (25/5/2017).

.Adapun radius yang tidak boleh didekati, 3 Km dari puncak, 7 Km sektor Selatan-Tenggara. 6 Km sektor Tenggara-Timur, dan 4 Km sektor Utara-Timur.

Natanael mengatakan, masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai juga patut waspada. Sebab, sewaktu-waktu lahar bisa mengalir dari Gunung Sinabung.

"Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim di sekitar hilir agar tetap waspada. Karena, bendungan ini bisa saja jebol lantaran tidak kuat menahan volume lahar dingin," ungkap Natanael.

Berdasarkan pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi angin bertiup lemah ke arah Timur dan Tenggara. Udara sampai saat ini terpantau 18-23 derajat celsius.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas