Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Helikopter Basarnas Jatuh

Heli Basarnas Jatuh Usai Tabrak Tebing Pegunungan Sindoro

Helikopter milik Badan SAR Nasional (Basarnas) jatuh usai menabrak tebing Pegunungan Sindoro Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung.

Heli Basarnas Jatuh Usai Tabrak Tebing Pegunungan Sindoro
Istimewa
Anggota gabungan mengevakuasi helikopter Basarnas HR 3602 yang jatuh di Bukit Muntung, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Minggu (2/7/2017). ISTIMEWA 

TRIBUNNEWS.COM, TEMANGGUNG - Helikopter milik Badan SAR Nasional (Basarnas) jatuh usai menabrak tebing Pegunungan Sindoro Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (2/7/2017).

Kepala Seksi Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Temanggung, Gito Walngadi mengatakan helikopter yang jatuh hendak menuju ke kawasan Kawah Sileri, Dieng, Jawa Tengah guna melakukan evakuasi korban semburan lumpur dingin.

"Iya benar itu informasi sudah A1," ujar Gito.

Deputi Operasional Basarnas, Mayjen Heronimus Guru menjelaskan helikopter berangkat dari Gringsing yang merupakan lokasi siaga selama lebaran.

Sebab, Gringsing dinilai paling dekat dengan lokasi letusan di Kawah Sileri.

Adapun Kawah Sileri yang berada kawasan wisata pegunungan Dieng, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah meletus sekitar pukul 12.00 WIB.

Heronimus juga mengatakan kondisi helikopter layak terbang, termasuk pilot yang dalam kondisi baik sehingga heli ini yang dipilih untuk mengevakuasi korban letusan Dieng.

Lokasi jatuhnya helikopter tidak jauh dari Polsek Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

"Jam 17 tadi ada informasi dari masyarakat yang melihat heli warga oranye terjatuh di Desa Canggal, Kecamatan Candiroto. Warga lalu menyampaikan ke Polsek Candiroto," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono.

Helikopter Basarnas yang jatuh kondisinya dikabarkan rusak parah. Sumber di Basarnas menyebut rusak di bagian depan.

Halaman
1234
Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas