Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BREAKING NEWS: Gempa 6 SR Guncang Boalemo. Warga Panik Berhamburan ke Luar Rumah

"Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa dan melakukan analisis," kata Sutopo Purwo Nugroho.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in BREAKING NEWS: Gempa  6 SR Guncang Boalemo. Warga Panik Berhamburan ke Luar Rumah
BMKG

TRIBUNNEW.COM, JAKARTA - BMKG telah melaporkan gempabumi denga kekuatan 6 SR dengan pusat gempa di laut di Teluk Tomini di kedalaman 100 km pada 40 km barat daya Boalemo atau 49 km tenggara Pahuwoto Provinsi Gorontalo pada Sabtu (15/7/2017) pukul 19.12 Wib.

Gempa tidak berpotensi tsunami.

"Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa dan melakukan analisis," kata Sutopo Purwo Nugroho,  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangannya, Sabtu (15/7/2017).

Guncangan gempa dirasakan di beberapa tempat:

• Terasa kuat di Kabupaten  Bualemo, selama 3-5 detik. Warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan terkait dampak.
• Terasa kuat di Kabupaten  Gorontalo Utara sekitar 7 detik, warga sempat panik. Masyarakat merespon gempa dengan berlari keluar rumah. Belum ada laporan terkait dampak.
• Terasa kuat di Kabupaten  Pohuwato selama 3-5 detik. Belum ada laporan terkait dampak.
• Terasa cukup kuat di Kota Gorontalo selama 3 detik, warga sempat panik. Belum ada laporan dampak.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan gempa memiliki intensitas II SIG BMKG (IV MMI) di Bone Bolango, Kota Gorontalo, dan Kabupaten Gorontalo II SIG BMKG (III-IV MMI) di Manado & Tondano.

"Artinya berintensitas ringan hingga sedang," kata Sutopo.

BERITA TERKAIT

Begitu pula di beberapa daerah seperti di Buol berintensitas II SIG BMKG (IV MMI); II SIG BMKG (III-IV MMI) di Tolitoli; II SIG BMKG (III MMI) di Luwuk.

Menurut Sutopo, diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan yang masif. Umumnya dampak gempa merusak jika memiliki intensitas di atas VI MMI (kuat).

Gempa Terjadi 6.0 skala richter diperkirakan termasuk kedalam gempa bumi Menengah (100km).

Lebih jauh dikatakan bahwa gempa ini kemungkinan disebabkan oleh sesar aktif Gorontalo, khususnya segmen sesar Gorontalo yang terdapat di laut, sesar Gorontalo merupakan struktur sesar yang berarah tenggara-barat laut yang melintasi Kota Gorontalo dan memotong lengan utara Sulawesi, hingga menghubungkan laut Sulawesi dan perairan Teluk Tomini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas