Siswa SD Ciptakan Mainan Ular Tangga Khusus Tuna Netra
Karya mereka diganjar medali perak even internasional, yaitu International Exhibition for Young Inventors di Nagoya, Jepang pada 26-29 Juli 2017.
Editor: Willem Jonata
Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali
TRIBUNNEWS.COM, KUDUS - Hanun Dzatirrajwa (9) dan Izza Aulia Putri Purwanto (11) membuat mainan ular tangga khusus buat penyandan tuna netra.
Karya mereka diganjar medali perak even internasional, yaitu International Exhibition for Young Inventors di Nagoya, Jepang pada 26-29 Juli 2017.
Sebelum menyabet penghargaan internasional, atas idenya itu keduanya juga mendapat juara favorit nasional pada gelaran National Young Inventors Award.
Prestasi itulah yang kemudian direkomendasikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk ikut andil di even yang diselenggarakan di Nagoya, Jepang.
Di gelaran internasional itu, dua bocah itu tidak hanya menyabet perak, tetapi juga memeroleh penghargaan dari Technopol Moscow, Rusia.
Izza membeberkan, ide awal dari permainan itu karena masih terbatasnya media bermain bagi penyandang tuna netra.
"Alat permainan bagi tuna netra masih sangat terbatas, itu yang mendasari saya dan Hanun untuk membuat permainan bagi tuna netra," ujar siswi Kelas VI SDIT Al Islam Kudus.
Tidak perlu waktu lama bagi Hanun dan Izza, mereka hanya butuh sekitar seminggu untuk eksperimen membuat alat pemainan yang tak pernah orang lain fikirkan.
"Hanya seminggu memelajarinya, karena kami harus tahu angka braile, selain itu juga harus memikirkan media untuk naik dan turunnya ular tangga," jelas Hanun.
Dengan dibantu kecanggihan teknologi, bocah yang masih duduk di bangku kelas V SD Bina Amal Semarang itu merancang papan yang lengkap dengan manik-manik sebagai angka braille.
"Untuk tahu angka braile, saya dan Izza belajar dari internet," tutur Hanun sembari tersenyum.
Miftahul Falah, ayah dari Hanun menuturkan, kedua bocah itu sekolah di lembaga yang berbeda. Keduanya juga tinggal di tempat yang berjauhan.
Kirim Komentar
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.