Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Begini Cara Semen Gresik Berdayakan Masyarakat Sekitar Pabrik

CSR merupakan ikhtiar perusahaan sebagai bagian dari agen pembangunan bangsa yang unggul atau good corporate citizenship

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Begini Cara Semen Gresik Berdayakan Masyarakat Sekitar Pabrik
KONTAN
Armada distributor Semen Gresik 

TRIBUNNEWS.COM, TUBAN - PT Semen Gresik, selaku salah satu operating company PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, kembali meluncurkan program tanggung jawab sosial unggulan 2017 untuk memberdayakan dan mendorong kemandirian masyarakat di sekitar perusahaan.

Kontribusi CSR Semen Gresik yang senantiasa meningkat setiap tahun, yaitu Rp 22 miliar pada 2014, Rp 24 miliar pada 2015, dan Rp 25 miliar pada 2016, menunjukkan posisi strategis community development dalam memastikan keberhasilan bisnis Semen Gresik yang tetap berpadu dengan kepentingan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan.

Direktur Utama Semen Gresik Gatot Kustyadji menyatakan, komitmen untuk terus meningkatkan program pengembangan masyarakat tidak dapat ditawar-tawar lagi.

“Hal ini merupakan ikhtiar perusahaan sebagai bagian dari agen pembangunan bangsa yang unggul atau good corporate citizenship,” katanya dalam peluncuran program CSR Unggulan Semen Gresik di Pabrik Tuban, Rabu (23/8/2017).

Baca: Semen Gresik Raih Penghargaan Most Promising Company in Strategic Marketing

Hadir pada kesempatan itu Dirut Semen Gresik Gatot Kustyadji dan jajaran direksi, Bupati Tuban KH Fathul Huda, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Tuban, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tuban, dan ratusan warga di sekitar perusahaan.

Gatot menjelaskan program Unggulan CSR Semen Gresik tahun 2017 terfokus pada bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (community development), yaitu upaya perusahaan mendorong kemandirian dan peningkatakan kapabilitas ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat di sekitar perusahaan.

BERITA TERKAIT

Dalam kesempatan itu, Gatot juga menyampaikan lima program CSR Unggulan PT Semen Gresik Tahun 2017.

Pertama, Semen Gresik kembali menyerahkan bantuan kepada Forum Masyarakat Kokoh (FMK) senilai Rp 7,25 miliar di 26 desa dan 3 kecamatan dengan fokus pada program-program pemberdayaan masyarakat dan mendorong kemitraan serta keterlibatan bersama segenap pemangku kepentingan.

Baca: Ini Kriteria SMK yang Bisa Mendapatkan CSR Mitsubishi Colt Diesel

Kedua, sebagai bentuk partisipasi dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H, Semen Gresik menyalurkan 34 ekor sapi kurban kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Tuban.

Bantuan tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban, DRPD Tuban, Masjid Agung Tuban, 26 desa sekitar perusahaan, Panitia Idul Kurban Semen Gresik, dan lembaga-lembaga lainnya senilai total Rp 903.500.000.

Ketiga, dalam upaya mendukung program pengentasan kemiskinan dari pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten Tuban, Semen Gresik berkomitmen untuk melaksanakan Program Bedah Rumah Tak Layak Huni sebanyak 40 rumah senilai total Rp 1,8 miliar.

Bantuan bedah rumah diperuntukkan bagi masyarakat pra sejahtera di area pengembangan perusahaan maupun di seluruh area Kabupaten Tuban.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas