Tribun

Begini Penampakan Batu Berbentuk Kepala Naga Berbelalai Dari Gunung Lalakon

"Dari penampilannya masuk ke dalam peninggalan purbakala masa Hindu-Budha. Ini seperti arca, fungsinya sebagai mengarah kepada tempat yang sakral,"

Editor: Adi Suhendi
Begini Penampakan Batu Berbentuk Kepala Naga Berbelalai Dari Gunung Lalakon
TRIBUN JABAR/PUTRI PUSPITA NILAWATI
Artefak berbentuk kepala naga berbelalai seperti gajah dan berbadan ular di Museum Sri Baduga, Senin (18/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Penemuan benda berbentuk kepala naga berbelalai seperti gajah dan berbadan ular dari Gunung Lalakon menjadi hal menarik bagi dunia ilmu purbakala atau Arkeologi.

Temuan tersebut akan menjadi bahan kajian dan edukasi bagi generasi masa kini.

Benda yang memiliki berat 30 kilogram dengan panjang 110 cm dianggap aneh masyarskat Gunung Lalakon dan kini disimpan di Museum Sri Baduga.

Baca: Batu Berbentuk Kepala Gajah dan Berbadan Ular Diamankan Pihak Museum Sri Baduga

Penanggung Jawab Koleksi Arkeologi Museum Sri Baduga, Romulo M Hum mengatakan saat ini benda artefak diamankan dahulu walaupun kejelasannya masih belum pasti.

"Dari penampilannya masuk ke dalam peninggalan purbakala masa Hindu-Budha. Ini seperti arca, fungsinya sebagai mengarah kepada tempat yang sakral," ujar Romulo M Hum di Museum Sri Baduga, Jalan BKR No 185, Senin (18/9/2017).

Baca: Naskah Kuno Berisi Rangkum 3 Kitab Dunia di Situs Kabuyutan Ciburuy

Bentuk artefak ini memang sangat unik karena memiliki ornamen berupa wajahnya yang bebelalai seperti gajah dan di bagian kepalanya terdapat kuncup bunga teratai.

Bagian badannya memanjang seperti ular, di bagian lehernya terdapat bagian batu mulia yang sudah hilang dan di bagian lainnya terdapat batu mulia yang masih utuh berwarna-warni.

Baca: Pelajar di Bogor Diadu Hingga Tewas, Sang Ibu Minta Semua yang Terlibat Dihukum

Di bagian lainnya terdapat sisik seperti naga dan bagian belakangnya terpotong, sehingga penemuan artefak ini sudah tidak utuh dan terdapat beberapa bagian yang sudah rusak.

Hingga saat ini pihak Sribaduga masih harus menunggu penelitian untuk melihat hasil apakah benda tersebut benda bersejarah atau bukan.

Baca: MUI Sebut Pondok Pesantren di Bogor yang Diduga Terkait ISIS Ini Tidak Terdata

Benda tersebut ditemukan di atas tanah yang ditutupi tanah liat menjadi pertanyaan karena artefak tidak berada di dalam tanah dan tidak hasil galian masyarakat di Gunung Lalakon.

Berita ini sudah dimuat di Tribunjabar.co.id dengan judul: Begini Bentuk Artefak Naga Berbelalai yang Ditemukan di Gunung Lalakon

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas