Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasil Survei, Bursa Zanurbi-Parhan Paling Mampu Pimpin Lahat

Pasangan Bursa Zarnubi-Parhan Berza, yang diusung Partai PKB, PAN dan Golkar.

Editor: Ferdinand Waskita
zoom-in Hasil Survei, Bursa Zanurbi-Parhan Paling Mampu Pimpin Lahat
Priyombodo
Ilustrasi 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bursa Zanurbi-Parhan Berza, dianggap paling mampu memimpin Lahat lima tahun kedepan.
Hal itu terlihat dari hasil survei  Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) yang disuarakan sekitar 1.659 responden. 
Dalam survei tersebut, responden ditanya mengenai pasangan yang akan dipilih pada Pilkada Lahat yakni Cik Ujang-Haryanto diusung Partai NasDem, Demokrat dan Hanura.
Pasangan Novran Marjani-Herliansyah, diusung Partai PDIP, Gerindra, PPP dan PKS. 
Pasangan Bursa Zarnubi-Parhan Berza, yang diusung Partai PKB, PAN dan Golkar. 
Pasangan Hapit Fadli-Erlansyah Rumsyah melalui jalur perseorangan.
Pasangan Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah melalui jalur perseorangan.
Pasangan Dodo Arman-Sutrisno, melalui jalur perseorangan.
Hasil temuan survei mayoritas responden mengatakan akan memilih berdasarkan harapan agar calon pemimpinnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan. 
Kemudian, ingin memilih calon yang bisa mengendalikan harga kebutuhan pokok, memperoleh persentase sebanyak 21,4 persen. 
Lalu calon yang mampu menyediakan pendidikan gratis dengan persentase 18,2 persen. 
Keempat fasilitas kesehatan gratis 26,3 persen. 
"Untuk tingkat pengenalan masyarakat pada ke enam calon, serta tingkat popularitas masing-masing pasangan yang akan bertarung pada pilkada nanti, responden memilih Cik Ujang-Haryanto68,9 %, Novran Marjani-Herliansyah63,8 %, Bursa Zarnubi-Parhan Berza89,6 %, Hapit Fadli-Erlansyah Rumsyah56,2%, Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah54,2 % dan Dodo Arman-Sutrisno53,2 %," ujar Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyono dalam keteranhan tertulis, Selasa (23/1/2018). 
Mengenai tingkat akseptabilitas atau kesukaan masyarakat Lahat terhadap pasangan calon, responden memilih Cik Ujang-Haryanto 62,1%.
Lalu, Novran Marjani-Herliansyah61,9 persen
Kemudian, Bursa Zarnubi-Parhan Berza 76,3 %.
Hapit Fadli-Erlansyah Rumsyah 49,2%.
Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah 48,2%.
Dodo Arman-Sutrisno49,2%. 
"Dari penilaian kapabilitas para pasangan calon yang beredar di masyarakat Lahat saat ini, terdiri atas pengukuran visioner, intelektualitas, governability, kemampuan politik, kemampuan komunikasi politik, bahkan leadership di saat menjabat sebagai kapala daerah di tingkat kabupaten  pasangan Bursa Zarnubi-Parhan Berza dinilai memiliki score kapabilitas yang paling tinggi untuk menjabat kepala daerah dengan penilaian oleh sebanyak 89,7 persen," ungkapnya.
Kemudian, lanjutnya, disusul paslon Novran Marjani-Herliansyah 69,2 persen.
Lalu Cik Ujang-Haryanto 63,2 persen.
Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah 56,8 persen.
Hapit Fadli-Erlansyah Rumsyah 54,2 persen dan Dodo Arman-Sutrisno 49,3 persen. 
Sementara untuk tingkat elektabilitas pasangan calon kepala daerah Lahat dengan mengunakan pertanyaan semi terbuka secara spontanitas pasangan calon Kepala Daerah yang akan dipilih jika pilkada Kab Lahat digelar hari ini, maka jawaban dari 1.659 responden sebanyak 29,9 persen memilih pasangan Bursa Zarnubi-Parhan Berza. 
Kemudian sebanyak 10,1 persen memilih Novran Marjani-Herliansyah, 10,4 persen memilih Cik Ujang-Haryanto, 7,8 persen Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah, 4,2 persen memilih Hapit Fadli-Erlansyah Rumsyah, 2,9 persen memilih Dodo Arman-Sutrisno dan responden yang tidak menjawab sebanyak 34,7 persen. 
Kemudian saat ditanya dengan pertanyaan yang sama, namun pertanyaan tertutup mengunakan kuisioner, sebanyak 37,7 persen juga memilih pasangan Bursa Zarnubi-Parhan Berza. 
"Itu artinya, paslon Bursa-Parhan kembali unggul, diposisi kedua, 17,9 persen memilih Novran Marjani-Herliansyah, 16,4 persen memilih Cik Ujang-Haryanto, 5,7 persen memilih Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah," tukasnya. 
Kemudian, 4,9 persen memilih Hapit Fadli-Erlansyah Rumsyah, 3,1 persen memilih Dodo Arman-Sutrisno dan responden yang tidak menjawab sebanyak 14,3 persen.
Diketahui, survei bertemakan "Potret Suara Masyarakat Lahat Terhadap Tingkat Keterpilihan Pasangan Calon Kepaala Daerah Kabupaten Lahat periode 2018-2023".
Survei mengunakan metode kuisioner dan tatap muka dengan 1.659 masyarakat dari jumlah populasi DPT Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan sebanyak 298.528 pemilih yang dipilih dengan mengunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan survey 95% dan margin of error kurang lebih 2,4 persen. 
1.659 responden yang terpilih adalah masyarakat yang tersebar secara proposional di 22 kecamatan di Kab Lahat. 
 
Pengambilan data dari responden dengan cara wawancara langsung dengan responden melalui panduan kuesioner pada 12 Januari sampai dengan 22 Januari 2018. 
 




Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas