Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunjungi Panti Rehabilitasi Sosial, Ini Wejangan Khofifah kepada Penghuni

Suasana begitu hangat ketika Khofifah berbincang memberi motivasi bersama para pasien rehabilitasi

Editor: Sanusi
zoom-in Kunjungi Panti Rehabilitasi Sosial, Ini Wejangan Khofifah kepada Penghuni
ist
Kunjungan calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ke tempat rehabilitasi sosial IPWL (Institusi Peduli Wajib Lapor) Yayasan Bambu Nusantara 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kunjungan calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ke tempat rehabilitasi sosial IPWL (Institusi Peduli Wajib Lapor) Yayasan Bambu Nusantara begitu hangat.

Terlebih saat Khofifah memberi motivasi pasien yang datang dari berbagai daerah.

Suasana begitu hangat ketika Khofifah berbincang memberi motivasi bersama para pasien rehabilitasi. Menteri sosial 2014-2017 ini memberi wejangan kepada pasien agar berpuasa dan menjaga ibadah.

Baca: Pelaku Sempat Berhubungan Intim Sebelum Akhirnya Habisi dan Cor Jasad Fitri

"Rajin salat, bangun malem tahajud. Minta gusti Allah nak. Poso senin kamis, nak. Sekali dua kali berat, selanjutnya Insya Allah ringan. Selamet kabeh yo nak. Kasihan masa depanmu, nak," ucap Khofifah kepada anak-anak panti rehabilitasi, Senin (26/2/2018).

Suasana berubah riang ketika Khofifah menyanyikan lagu milik band Slank 'balikin' dan 'ku tak bisa' bersama-sama anak-anak panti rehabilitasi sosial IPWL.

Program Bhakti Sejahtera

BERITA REKOMENDASI

Khofifah juga mengatakan, Jawa Timur yang akan datang memiliki program khusus untuk membasmi peredaran narkoba dan memulihkan pengguna narkoba. Ketua Muslimat NU tersebut menavigasikan Nawa Bhakti Satya, Jatim sejahtera.

"Ini Bhakti program navigasi 1, ada item yang bisa mereduksi dan menghentikan penyalahgunaan narkoba," tutur Khofifah.

Menyembuhkan pengguna narkoba, menurut Khofifah bukan hanya soal menyediakan rumah panti rehabilitasi, namun bimbingan kesadaran masyarakat mulai dari keluarga hingga kawan bermain.

Selain rumah rehabilitasi narkoba juga disebutkan perlu diperhatikan guna meningkatkan pelayanan pascapenyembuhan pasien narkoba.

"Anak-anak yang menjadi korban, mereka yang kurang perhatian orangtuanya. Jadi, kembali orangtua punya tugas tanggungjawab utama untuk bisa melindungi anaknya-anaknya," jelas mantan menteri sosial ini.

"Kalau tidak dikawal mereka akan digoda kembali kepada lingkungannya. (Narkoba) bisa mempengaruhi kembali karena lingkungannya mereka tidak punya tapi mereka suka cita akan mengedar narkoba," ujarnya.

"Tempat-tempat seperti ini menurut saya tetap kita lakukan koodinasi agar kualitas layanan jadi lebih baik. Terutama aftercare-nya, setelah dianggap selesai karena mereka akan kembali ke lingkungan, itulah yang potensial terjadi relapse (kambuh)," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas