Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Video Khofifah Kaget Permasalahan Petani Jombang, Langsung Telpon Menteri, Ini yang Diminta

Navigasi program calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa berlanjut ke kelompok petani Sukorejo, Jombang, Kamis (22/3/2018).

Editor: Sugiyarto
zoom-in Video Khofifah Kaget Permasalahan Petani Jombang, Langsung Telpon Menteri, Ini yang Diminta
surya/fatimatuz zahro
Cagub Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menelepon Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk menyampaikan keluhan petani, Kamis (22/3/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JOMBANG - Navigasi program calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa berlanjut ke kelompok petani Sukorejo, Jombang, Kamis (22/3/2018).

Khofifah menyempatkan diri untuk mengikuti panen raya padi bersama pertani dan berdialog di sebuah gubuk kecil di tengah pematang sawah.

Di tengah-tengah obrolan diskusi dengan ketua gabungan kelompok petani, Khofifah banyak dibuat kaget dengan permasalahan petani.

Yang sangat urgen adalah masalah pengairan sawah. Lahan dengan luas puluhan hektar tidak lancar penanamannya karena terkendala kurangnya suplai air.

Sumur dan air tanah di persawahan Cangkrirngrandu tersebut terbilang terbatas dan banyak dikeluhkan.

Belum lagi masalah pupuk. Padahal pemerintah pusat memiliki program subsidi pupuk, namun nyatanya di lapangan petani justru kesusahan mendapatkan pupuk.

Mendapatkan curhatan tersebut, Khofifah langsung sigap dan mengambil langkah responsif.

BERITA REKOMENDASI

"Tolong ambilkan handphone saya, saya mau telfon ke Pak Menteri Pertanian," ucap Khofifah.

Khofifah ingin petani Jombang bersapa langsung pada menteri dan mengomunikasikan apa yang menjadi permasalahan petani.

Begitu tersambung dengan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Khofifah menjelaskan bagaimana permasalahan yang terjadi di petani.

"Selamat siang Pak Menteri Pertanian, saya boleh minta waktu lima menit, maaf ini saya sedang ada di Poktan Sukorejo, Jombang," ucap Khofifah.

Saat bersambung telepon, Ketua Gapoktan Sukorejo, Mustar, ada di samping Khofifah. Begitu juga beberapa petani yang lain.

"Jadi mereka berharap ada P2AT, sumur tanah itu lho, lalu mereka juga mengatakan agak susah untuk mendapatkan pupuk," kata Khofifah.

Permasalahan itu yang menjadi penghambat pertanian di Jombang. Ia mengkomunikasikan langsung yang menjadi keluhan masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas