Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kawah Sileri di Dieng Kembali Meletus, Masyarakat Dilarang Mendekati Lokasi

Kawah Sileri di dataran tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara, pada Minggu (1/4/2018) pukul 13.42wib, mengalami letupan.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Kawah Sileri di Dieng Kembali Meletus, Masyarakat Dilarang Mendekati Lokasi
Polsek Batur
Kawah Sileri di dataran tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara, pada Minggu (1/4/2018) pukul 14.30 wib, mengalami letupan. 

TRIBUNNEWS.COM, BANJARNEGARA - Kawah Sileri di dataran tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara, pada Minggu (1/4/2018) pukul 13.42wib, mengalami letupan.

Informasi yang diterima Tribunjateng.com, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Bambang mengungkapkan, bahwa letusan terjadi satu kali dan merupakan letusan freatik.

"Letusan freatik hari ini sebenarnya tandanya sudah muncul pada bulan September 2017 ketika terekam gempa tremor menerus, saat itu tidak ada letusan dan baru hari ini terjadi letusan freatik," katanya.

Ia menjelaskan, letusan freatik bisa terjadi tiba-tiba dan tanpa didahului dengan tanda-tanda. Tapi bisa juga tandanya muncul jauh-jauh hari sebelumnya, bisa mingguan, bulanan bahkan tahunan.

"Semoga tidak ada letusan susulan," ujarnya.

Pos Pengamatan Gunung Api Dieng tetap memperingatkan agar masyarakat tidak boleh masuk area Kawah Sileri dalam radius 100 meter.

BERITA TERKAIT

Adapun, sejumlah petugas kepolisian dari Polsek Batur, telah diterjunkan ke lokasi guna memastikan kondisi keamanan masyarakat setempat. 

Pihak kepolisian mengimbau pada masyarakat untuk menjauhi atau meninggalkan lokasi dan tidak mendekati lokasi serta agar jangan panik.

Kemudian juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpengaruh berita yang tidak jelas sumber dan kebenarannya, serta menunggu informasi dan instruksi dari pihak terkait (BPBD Banjarnegara dan Pos Pengamatan Gunung Api Dieng).

Sebelumnya, pada Minggu (2/7/2017).lalu tepatnya pukul 12.00 WIB juga terjadi letusan di Kawah Sileri yang mengakibatkan puluhan orang terluka akibat insiden ini.  Semburan yang berisi lahar dingin itu mengenai orang-orang yang berada di sekitar lokasi.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas